Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Berkomunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 2 Rejang Lebong

Indah Sari, Nova and Ifnaldi, Ifnaldi and Putrajaya, Guntur (2023) Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Berkomunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
NOVA INDAH SARI (19591155).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi dan mendeskripsikan bagaimana strategi guru Bahasa Indonesia dalam mengatasi kesulitan berkomunikasi peserta didik, dan untuk menguraikan bagaimana strategi guru Bahasa Indonesia dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam berkomunikasi saat pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi guru Bahasa Indonesia dalam menghadapi kesulitan berkomunikasi peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal dan ditambah mayoritas peserta didik dan guru berasal dari daerah sekitar. Sehingga cara berkomunikasi peserta didik masih sangat minim, guru menggunakan bahasa daerah saat mengajar dikarenakan keadaan dan ingin menyesuaikan dengan pemahaman peserta didik. Tetapi guru sudah memberikan motivasi dan strategi kepada peserta didik agar peserta didik bisa berkomunikasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Indah Sari, Novanovaindahsari577@gmail.com
Ifnaldi, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:52
Last Modified: 15 Aug 2023 08:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4952

Actions (login required)

View Item View Item