Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 06 Merigi

melinda, sari and Kusen, Kusen and Rahmadeni, Fevi (2023) Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 06 Merigi. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Sari Melinda (19591201).pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Mayoritas siswa kelas II sudah lancar membaca. Namun sebagian dari mereka belum bisa memahami isi bacaan tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media Big Book dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II di SDN 06 Merigi. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca siswa setelah menggunakan media Big Book di SDN 06 Merigi. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca siswa dengan menggunakan media Big Book di SDN 06 Merigi. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design degan rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test and Pos-test Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi, teknik analisis data dengan rumus pesentase, standard deviasi dan uji T test. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kegiatan membaca siswa menggunakan media Big Book di SDN 06 Merigi keterlaksanaan aktivitas guru adalah sebesar 76,66% dan keterlaksanaan aktivitas siswa adalah sebesar 84,61 dalam menerapkan Media BigBook pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 2) Kemampuan membaca siswa setelah menggunakan media Big Book di SDN 06 Merigi. Pada pre tes kategori tinggi terdapat 4 siswa atau 17,39%, sedang terdapat 10 siswa atau 43,47%, Rendah ada 4 siswa atau 17,39%, dan sangat rendah dengan jumlah 5 orang atau 21,73%. Pada posttest dalam kategori tinggi terdapat 7 siswa atau 30,43%, sedang terdapat 8 siswa atau 30,43%, Rendah ada 7 siswa atau 30,43%, dan sangat rendah dengan jumlah 1 orang atau 4,34%. Terdapat perbedaan perolehan data baik dari data pre test dan data Pos test. Yaitu perolehan mean atau rata-rata pretest adalah 48,69, mean pada pos test adalah 69,13 yang 3) Pengaruh kemampuan membaca siswa dengan menggunakan media Big Book di SDN 06 Merigi pada taraf nilai signifikansi dan nilai signifikansi setiap kelompok adalah 0,000 karena 0,000<0,05 dan t= 8,095. > 1,717 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Media Big Book terhadap kemampuan membaca siswa di SDN 06 Merigi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
melinda, sariSarimelinda316@gmail.com
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 05:06
Last Modified: 16 Aug 2023 05:06
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item