Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Bagi Peserta Didik Di Ra Tunas Literasi Qur'ani

Khoiriah, Beta Hana and Sutarto, Sutarto and Wanto, Deri (2023) Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Bagi Peserta Didik Di Ra Tunas Literasi Qur'ani. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS FULL BETA HANA KHOIRIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Beta Hana Khoiriah, 21871003, Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Bagi Peserta Didik di RA Tunas Literasi Qur'ani, Tesis, Curup; Program Pascasarjana IAIN Curup, Prodi Pendidikan Agama Islam, 2023. 154 halaman. Pendidikan agama dalam RA memiliki peran penting membentuk karakter dan kepribadian individu sejak usia dini. Tujuannya adalah mengajarkan nilai-nilai religius kepada anak-anak, seperti melaksanakan shalat dhuha berjamaah, menghafal surah-surah pendek, dan membiasakan berdoa. Penting untuk menjaga konsistensi dalam pendekatan ini agar nilai-nilai religius dapat terinternalisasi dengan baik. Pendidikan Islam memiliki tujuan menciptakan manusia berakhlakul karimah dan berkarakter Islam yang kokoh, sesuai dengan tuntutan zaman. Oleh karena itu, guru di RA memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik. Namun, dalam kenyataannya tidak semua guru mampu mengimplementasikan strategi yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai religius yang diterapkan oleh guru pada peserta didik di RA Tunas Literasi Qur'ani, strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai religius, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, analisis data secara kualitatif, serta interpretasi dan penyajian temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum dirancang secara holistik untuk mengintegrasikan nilai-nilai religius ke dalam pembelajaran sehari-hari. Guru-guru menggunakan strategi pembelajaran interaktif dan memanfaatkan cerita, teladan, dan pengalaman langsung untuk mengajarkan nilai-nilai religius. Selain itu, penggunaan teknologi juga didukung dalam pembelajaran. Nilai-nilai religius yang ditanamkan termasuk keimanan, ketakwaan, akhlak Karimah, serta pemahaman dan pengamalan ajaran agama Islam. Nilai-nilai religius menjadi salah satu fokus utama dalam pembelajaran di lembaga tersebut. Guru-guru memainkan peran penting sebagai teladan dan memberikan dukungan kepada peserta didik. Kendala dalam mengajarkan nilai-nilai religius dihadapi, tetapi upaya telah dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut, termasuk perbaikan metode pembelajaran, implementasi program penghargaan, dan meningkatkan komunikasi dengan orang tua. Kata Kunci: Nilai-Nilai Religius, Pendidikan Agama, RA, Strategi Pembelajaran, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Khoiriah, Beta Hanabetahanacrp123@gmail.com
Sutarto, Sutartosoetartoo74@gmail.com
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:07
Last Modified: 15 Aug 2023 08:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item