Analisis Swot Pemasaran Produk Mulia Di Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Taba Cemekeh

Yusari, Wida (2017) Analisis Swot Pemasaran Produk Mulia Di Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Taba Cemekeh. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Analisis SWOT Pemasaran Produk mulia di Pegadaian unit Pelayanan Syariah Taba Cemekeh.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pegadaian syariah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satu produk yang terdapat di Pegadaian Syariah yaitu produk mulia. Produk mulia adalah layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai atau angsuran dengan proses yang mudah dan jangka waktu yang fleksible. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah faktor internal dan eksternal yang terdapat di Pegadaian UPS Taba Cemekeh, dan bagaimana analisis SWOT dan perumusan strategi alternatif dengan analisis matriks SWOT pada Pegadaian UPS Taba Cemekeh. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian kualitatif, yakni prosedur penelitian yang akan menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam hal ini penulis menggunakan metode analisis deskriftif kualitatif dan metode analisis matriks SWOT. Dari hasil penelitian ini, berdasarkan analisis faktor internal dan eksternal perusahaan dengan menggunakan analisis matriks SWOT pada produk mulia di Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Taba Cemekeh diperoleh beberapa formulasi strategi alternatif yang dapat dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut: Strategi SO: mempertahankan kualitas produk, menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan masyarakat, pemanfaatan outlet untuk mendapatkan nasabah baru, dan mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah dengan memberikan standar layanan yang berlaku di semua outlet. Strategi ST: layanan nasabah ditingkatkan baik penanganan keluhan atau komplain, mempertahankan ciri khas produk dan menambah program-program berhadiah, dan menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan masyarakat. Strategi WO: meningkatkan kualitas dari kegiatan promosi dan memberikan respon yang cepat kepada nasabah, memberikan kemudahannn akses informasi bagi masyarakat terhadap produk mulia, dan meningkatan jaringan internet untuk media promosi ke nasabah. Strategi WT: menetapkan strategi baru yang lebih efektif dan efisien, meningkatkan promosi melalui berbagi media, dan pengajuan penambaha pegawai untuk meningkatkan pelayanan dalam penjualan produk mulia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yusari, WidaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerNoprizal, NoprizalUNSPECIFIED
ReviewerSyah, MabrurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT; Produk Mulia; Pegadaian UPS; Taba Cemekeh
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 29 Oct 2019 13:43
Last Modified: 29 Oct 2019 13:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item