Nilai Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Totto-Chan Gadis Cilik Di Jendela Karya Tetsuko Kuryonagi Dan Relevansinya Terhadap Karakteristik Siswa Usia Sekolah Dasar

Rizki Tri Adeta, Adeta and Ratnawati, Ratnawati and Febriansyah, Febriansyah (2023) Nilai Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Totto-Chan Gadis Cilik Di Jendela Karya Tetsuko Kuryonagi Dan Relevansinya Terhadap Karakteristik Siswa Usia Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Adeta.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat ini kita dapat melihat berbagai peristiwa yang menujukkan krisis moral yang terjadi di sekolah dasar, disinilah peran guru semakain kompleks, bukan hanya sekedar memberikan materi akademik tetapi juga sebagai pembina karakter pada siswa, sayangnya tidak semua guru memahami ataupun mengetahui karakteristik siswa sekolah dasar sehingga menyamaratakan proses belajar dan pembelajaran Sehingga sebagai seorang guru harus memahami bagaimana karakteristik siswa sekolah dasar tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan serta menjabarka nilai-nilai Pendidikan karakter dalam novel Totto Chan Gadis Cilik Di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi dan Relevansinya terhadap karakteristik anak usia sekolah dasar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakan (Library Research) Teknik pengumpulan data pada metode ini adalah dengan membaca keseluruhan isi novel, mencatat kutipan yang telah ditentukan, peneliti memili data, menganalisis nilai Pendidikan dalam novel, lalu menyimpulkan nilai karkter dan relevansinya terhadap karakteristik anak usia sekolah dasar. Teknik analisis data pada metode ini adalah menggunakan Analisis isi (Content Analisys). Hasil penelitian 4 nilai pendididkan karakter dalam novel Totto Chan Gadis Cili Di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi, yaitu : (1) Rasa ingin Tahu (2) Bersahabat/komunikatif (3) Peduli social (4) Jujur, kemudian yang relevan dengan karakteristik siswa sekolah dasar dari segi perkembangan bahasanya ada 2 yaitu Rasa ingin tahu dan bersahabat/komunikatif,dimana pada perkembangan Bahasa siswa banyak bertanya,suka bercerita,mendengar cerita,berkounikasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rizki Tri Adeta, Adetaadetatri13@gmail.com
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:51
Last Modified: 15 Aug 2023 04:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item