Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Pada Pembelajaran Ppkn Kelas 5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 17 Rejang Lebong

agustina, dena and Susilawati, Susilawati and Amrillah, H.M Taufik (2023) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Pada Pembelajaran Ppkn Kelas 5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI DENA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pembelajaran PPKn di kelas 5. Dalam proses pembelajaran PPKn di kelas 5 terdapat lima nilai-nilai pendidikan karakter yaitu religius, mandiri, kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab yang ditandai dengan tidak mematuhi nilai-nilai pendidikan karakter yang ada, seperti tidak religius suka main-main saat membaca berdo’a pada awal pembelajaran, sikap tidak mandiri siswa tidak mampu mengerjakan tugas pelajaran sendiri, tidak disiplinnya siswa telat masuk dalam kelas dan masih ada siswa tidak jujur dalam pembelajaran masih ada yang suka menyontek, dan sikap tidak tangung jawab tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Mengmengindikasikan bahwa gagal dalam pembentukan karakter. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik analisa data deskriftif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu obervasi deskriptif, observasi terfokus, observasi selektif, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis domain, pengamatan terfokus,analisis taksonomi, pengamata terpilih, dan analisis komponen. Hasil penelitian ini Pembentukan nilai-nilai pendidikan Karakter yang terkandung dalam Pembejaran PPKn kelas 5 pada kurikulum merdeka di SDN 17 Rejang Lebong: pertama Pada karakter religius guru atau pihak sekolah senantiasa memberikan pemahaman mengenai religious, menerapkan Pembiasaan dalam membentuk karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan YME. Kedua, pada karakter mandiri guru meminta anak untuk lebih percaya diri dengan kemampuannya sendiri. Ketiga, pada karakter disiplin seperti, mengerjakan tugas dengan tepat waktu, membiasakan siswa piket dengan sportif dikelas dan datang kesekolah tepat waktu. Selain itu kepada seluruh warga sekolah untuk menjaga lingkungan sekolah dengan baik, baik kebersihan maupun kedisiplinan, keempat, kebiasaan baik yang sering dilakukan individu diantaranya: (1) tidak berbohong, (2) tidak mengambil barang yang bukan miliknya, (3) tidak menyontek dalam mengerjakan pekerjaan rumah atau PR, ulangan dan ujian. KelimaTanggung jawab seperti dengan memberikan contoh yang baik, dan menanamkan serta menghimbau anak-anak untuk lebih perduli pada lingkungan sekitarnya seperti menjenguk orang yang sakit dan membantu orang lain atau gotong royong. Menjelaskan konsekunsi atas perbuatan yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
agustina, denadenaa2535@gmail.com
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:56
Last Modified: 15 Aug 2023 02:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4891

Actions (login required)

View Item View Item