Dampak Kegiatan Ekstrakulikuler Kisma (Kajian Islam Madrasah) Terhadap Konsep Diri Siswa Ma Almuhajirin

Saputra, Wahyu and Sumarto, Sumarto and Nafrial, Nafrial (2023) Dampak Kegiatan Ekstrakulikuler Kisma (Kajian Islam Madrasah) Terhadap Konsep Diri Siswa Ma Almuhajirin. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI M. WAHYU SAPUTRA REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siswa dalam bidang pengembangan potensi perlu menguasai dua bidang, yakni bidang Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Hal ini diistilahkan dua sisi mata uang yang tidak bisa saling dipisahkan, sama-sama harus berjalan sejajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang sering terjadi di kalangan pelajar, yakni miniminnya pengetahuan dan pengalaman siswa dalam pembentukan konsep diri. Sangat jarang siswa mengetahui sisi dari dirinya sendiri dan cara menyikapi kondisi sosial yang baik. Hal ini terjadi di kalangan pelajar sekolah MA Al-Muhajirin yang memiliki ragam perilaku antara siswa yang tidak tergabung dan siswa yang tergabung aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler KISMA. Tujuan dari penelitian ini, yakni untuk mengetahui konsep diri siswa yang tergabung dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler KISMA (Kajian Islam Madrasah Aliyah). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif serta analisis data hasil penelitian, yakni mendeskripsikan atau menggambarkan suatu keadaan yang sedang berlangsung atau terjadi, kemudian menganalisis data dengan tidak menggunakan kalkulasi statistik. Subjek penelitian pada penelitian ini merupakan siswa yang tergabung aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler KISMA. Teknik yang digunakan adalah Snowball Sampling dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung. Teknik pengumpulan data didapatkan dari berbagai informan agar mendapatkan informasi yang valid dengan pelaksanaan di pagi hari. Data yang diperoleh direduksi dengan memfokuskan pada hal-hal yang pokok. Kemudian data disajikan dengan menguraikan secara singkat antar bagan hubungan kategori dan menarik kesimpulan secara terperinci. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh peneliti, adalah siswa yang tergabung dan terlibat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler KISMA (Kajian Islam Madrasah) seperti ceramah, sholawat dan praktik agama. Siswa tersebut cenderung memiliki konsep diri yang positif. Hal ini ditunjukkan dari cara berpikir terhadap diri sendiri (optimis, penuh percaya diri dan mengetahui nilai diri), emosional yang stabil (memahami perasaan diri sendiri dan orang lain), dan bersikap positif pada suatu hal. Bahkan siswa tersebut menjadi salah satu contoh bagi siswa lainnya, baik perspektif kognitif, afeksi dan tingkah laku. Sehingga dapat diartikan bahwa siswa tersebut terbentuk konsep diri (image self, personal self, moral-etihica self, family self dan social self)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saputra, Wahyudpresidentkuclu@gmail.com
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Nafrial, Nafrialnafrial@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:13
Last Modified: 18 Aug 2023 08:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4880

Actions (login required)

View Item View Item