Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika di SMAN 03 Lebong Sakti

Nabilahasya, Dipa and Siswanto, Siswanto and Warlizasusi, Jumira (2023) Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika di SMAN 03 Lebong Sakti. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Menejemen Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 03 Lebong Sakti.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih rendahnyar siswa terlihat bahwa manajemen kelas sangat kurang dalam pembelajaran fisika sehingga mengakibatkan motivasi belajar siswa menurun dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran fisika itu kurang. Sehingga siswa tidak semangat dalam belajar dan hasil belajar dan hasil belajar siswa di kelas X dan XI pelajaran MIPA masih jauh di bawah KKM yaitu rata-rata 75. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, teknik penentuan informan menggunakan Snaw Ball , teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data (Data reduction), penyajian data (Data display) dan Verifikasi (Conclusion drawing). Penarikan kesimpulan yaitu untuk mengetahui manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 03 Lebong Sakti. Hasil penelitian ini bahwa cara meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 03 Lebong Sakti yaitu membiasakan siswa untuk memakan permen karet 10-15 menit sebelum belajar, bernyanyi, reward, mengulangi materi yang telah di jelaskan kemarin dan seskali guru mengajak siswa untu belajar di ruangan laboratoirum agar siswa tidak merasakan bosan jenuh. Manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 03 Lebong Sakti yaitu dengan cara guru menggunakan metode postest yang diadakan satu minggu sekali, dan guru sekali-sekali mengajak siswa-siswi untuk belajar di ruangan laboratorium agar mereka tidak bosan. Dan membagi atau mengelompokan siswa dalam mengerjakan tugas pada pembelajaran fisika yaitu dengan cara membagi kelompok. Kendala manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 03 Lebong Sakti yaitu sarana penghambat dalam belajar mengajar masih kurang memadai untuk menunjang pelajaran fisika, dan juga faktor intelektualitas atau faktor kecerdasan sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nabilahasya, DipaDipanabila@icloud.com
Siswanto, Siswantosis66505@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:54
Last Modified: 15 Aug 2023 08:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4876

Actions (login required)

View Item View Item