Analisis Metode Murojaah Dalam Meningkatkan Menghafal Al-Qur’an di MTS N 02 Kepahiang

Lika pelicia, Piyo and Arca Nita, Rafia and Indrawari, Karliana (2023) Analisis Metode Murojaah Dalam Meningkatkan Menghafal Al-Qur’an di MTS N 02 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut agama Islam negeri curup.

[img] Text
SKRIPSI YOLIKA FIKS 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Judul Skripsi Analisis Metode Murojaah Dalam Menghafal Al-Qur’an di MTS N 02 Kepahiang. ABSTRAK Dalam penulisan skripsi ini membahas tentang bagaimana penerapan metode muroja’ah di MTs N 2 Kepahiang apa saja kendala- kendala dalam penerapan metode muroja’ah di MTs N 2 Kepahiang bagaimana hasil dari penerapan metode muroja’ah di MTs N 2 Kepahiang. Kususnya di lingkungan sekolah/madrasah ialah merupakan tempat yang baik dalam membiasakan menghafalkan Al-Qur’an. Dalam hal ini muroja’ah memiliki ugrensi penting bagi siswa sekolah atau madrasah dalam menjaga hafalannya juga menambah hafalannya dengan sering mengulang hafalan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer yang melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan data sekunder yaitu melalui hasil wawancara dan data dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang di gunakan yaitu penelitian sendiri. Teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, peyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk menjadi keabsahan data digunakan uji keradibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode muroja’ah dalam menghafal Al-Qur’an dilakukan dengan 3 cara pelaksanaan muroja’ah hafalan Al-Qur’an, yaitu: 1) penerapan metode muroja’ah yaitu mengulang hafalan siswa/siswi di dalam ruangan maupun di lingkungan sekolah. 2) hasil yang di dapatkan yaitu siswa/siswi mudah memahami apa itu Al-Qur’an dan juga mudah untuk menghafal Al-Qur’an dan diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. 3) kendala dari melakukan metode muroja’ah yaitu rasa malas dan bosan, kurang lancar membaca Al-Qur’an, sering lupa ayat, manajemen waktu.yang beradi di lingkungan sekolah MTS N 02 Kepahiang. Kata Kunci: Metode Muroja’ah, Menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lika pelicia, Piyoyolikafelicia@gmail.com
Arca Nita, Rafiarapiaarcanita@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:46
Last Modified: 15 Aug 2023 04:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4857

Actions (login required)

View Item View Item