Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di Mts Negeri 02 Kepahiang

Rahmah Kurniasih, Lili and Yanuarti, Eka and Idris, Muhammad (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di Mts Negeri 02 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FILE_SKRIPSI_Lili.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran SKI kelas VII di MTs Negeri 02 Kepahiang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bagaimana kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Negeri 02 Kepahiang. (2) bagaimana upaya guru dalam Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran SKI kelas VII di MTs Negeri 02 Kepahiang dan (3) apa saja kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran SKI di MTs Negeri 02 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang melalui observasi dan wawancara dan data sekunder yaitu melalui hasil wawancara dan data dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk menjadi keabsahan data digunakan uji keradibilitas dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut pertama, Kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran SKI kelas VII di MTs Negeri 02 Kepahiang adalah kurang baik, dilihat dari kurangnya kemampuan siswa dalam mengkategorikan, kurang dalam menganalisis, kurang dalam mengevaluasi, kurang dalam menarik kesimpulan, kurang dalam eksplanasi atau penalaran dan kurang dalam kemandirian. Kedua, Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yaitu dengan memberikan penjelasan materi secara rinci, memberikan tolak ukur penilaian seperti memberikan tugas diakhir pelajaran, serta merancang rencana pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran SKI kelas VII, yaitu siswa kerap merasa bosan saat pembelajaran dan kondisi jasmani dan rohani siswa juga mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahmah Kurniasih, Lilililirahmakurniasih@gmail.com
Yanuarti, Ekaekayanuarti@iaincurup.ac.id
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:57
Last Modified: 15 Aug 2023 01:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4852

Actions (login required)

View Item View Item