Implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual kelas IV mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka di SDN 37 Rejang Lebong

Alqoria, Fita and Rahman, Abdul and Rahmat, Jamalludin (2023) Implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual kelas IV mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka di SDN 37 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri.

[img] Text
SKRIPSI FITA ALQORIA-3.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran di kelas yang cenderung pasif dan hasil pembelajaran yang rendah sehingga membutuhkan pendekatan yang efektif yaitu pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada kurikulum merdeka di SDN 37 Rejang Lebong dan untuk mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual kelas IV mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka di SDN 37 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan juga penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber , triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Pendekatan pembelajaran kontekstual pada kurikulum merdeka di SDN 37 Rejang Lebong telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan komponen utama pendekatan pembelajaran kontekstual oleh guru IPAS kelas IV, guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual namun belum maksimal. (2) Implementasi pendekatan kontekstual dilakukan melalui beberapa tahapan dimulai dari perencanaan dan pelaksanaan. Implementasi pendekatan kontekstual kelas IV mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka KKTP (kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran) yang ditetapkan oleh guru IPAS kelas IV SDN 37 Rejang Lebong adalah 70. Pendekatan kontekstual lebih efektif diterapkan pada materi IPA sedangkan kurang efektif pada materi IPS, dibuktikan dengan nilai IPA yang lebih tinggi yaitu 84,21% dan nilai IPS 47,36%. Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Pelajaran IPAS , Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Alqoria, Fitafitaalqoria@gmail.com
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Rahmat, Jamalludinjamalludinrahmat@iaincurup.co.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:13
Last Modified: 15 Aug 2023 02:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4849

Actions (login required)

View Item View Item