Penggunaan Strategi Membaca Whole Class Choral Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di SD Negeri 134 Rejang Lebong

Wahyuni, Sri and Asha, Lukman and Siswanto, Siswanto (2023) Penggunaan Strategi Membaca Whole Class Choral Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di SD Negeri 134 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI SRI WAHYUNI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan strategi membaca whole class choral untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Keterampilan membaca yang dimiliki oleh siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan kurangnya strategi yang digunakan guru dan kurangnya minat siswa untuk mengembangkan keterampilan membaca itu sendiri. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan strategi membaca whole class choral serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami guru dalam menggunakan strategi membaca whole class choral untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam jenis penelitian ini. Kepala sekolah, beberapa siswa kelas IV, dan guru kelas IV menjadi subjek penelitian ini. Prosedur pengumpulan informasi menggunakan metode persepsi, pertemuan dan dokumentasi. Sedangkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Triangulasi sumber dan triangulasi teknis, dua metode pengujian keabsahan data, digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan strategi membaca whole class choral dalam kegiatan belajar mengajar disini siswa mampu menguasi keterampilan membaca, langkah-langkah dalam penggunaan strategi membaca whole class choral ini juga meliput guru memelih materi pembelajaran, guru mengatur posisi duduk, guru membacakan teks bacaan lalu diikuti oleh siswa secara bersama-sama, setelah itu siswa maju secara kelompok maupun individu untuk membacakan teks bacaan tersebut sehingga guru dalam menilai sebagai mana siswa menguasai keterampilan membaca. Hasil berikutnya mengenai faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan strategi membaca whole class choral adalah untuk faktor pendukungnya sendiri yaitu meliputi dari guru dan siswa, karena terlaksananya penggunaan strategi ini karena adanya guru dan siswa itu sendiri. Dan untuk faktor penghambat dalam penggunaan strategi whole class choral itu sendiri lebih banyak mengarah ke siswa disebabkan kurangnya motivasi siswa itu meningkatkan keterampilan membaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wahyuni, Srisriwahyuniatok30@gmail.com
Asha, Lukmanasha.lukman@gmail.com
Siswanto, Siswantosis66505@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:09
Last Modified: 15 Aug 2023 03:09
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4848

Actions (login required)

View Item View Item