Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Ips Siswa Kelas V Di Mis 05 Darussalam Kepahiang

Apni Nur Sella, Sella and Baryanto, Baryanto and Meldina, Tika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Ips Siswa Kelas V Di Mis 05 Darussalam Kepahiang. Sarjana thesis, Imstitut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Sella Nur Apni PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan pemahaman konsep belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment dengan pemahaman konsep belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional di MIS 05 Darussalam Kepahiang; 2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap pemahaman konsep belajar IPS pada siswa kelas V di MIS 05 Darussalam Kepahiang. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment dengan pemahaman konsep belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional di MIS 05 Darussalam Kepahiang; 2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap pemahaman konsep belajar IPS pada siswa kelas V di MIS 05 Darussalam Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kuantitatif berbasis quasi experiment dimana sampel yang menjadi tujuan penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan kelas V B MIS 05 Darussalam Kepahiang yang berjumlah 18 orang dikelas V A dan 18 orang dikelas V B. Metode pengumpulan datanya menggunakan uji soal yang sesuai dengan indikator pemahaman konsep serta teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas. Kemudian untuk mengetahui perbedaan dan pengaruhnya maka diuji menggunakan uji hipotesis dengan uji t paired sample test. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Berdasarkan pengujian uji soal sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment dengan pemahaman konsep belajar IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yaitu terlihat dari perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu untuk kelas eksperimen memperoleh nilai posttest dengan rata-rata 77,5 lebih tinggi dari kelas kontrol yang memperoleh nilai posttest dengan rata-rata 69,17. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dalam proses pembelajarannya, memiliki hasil pemahaman konsep yang lebih baik; 2) Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Attainment berpengaruh terhadap pemahaman konsep belajar IPS siswa kelas V di MIS 05 Darussalam Kepahiang, berdasarkan uji hipotesis pired simple test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 0,005, maka maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep yang di lihat dari hasil belajar nya yaitu pretest dan postest, yang artinya ada pengaruh model pembelajaran Concept Atainment (variabel X) terhadap pemahaman konsep (variabel Y) belajar IPS siswa kelas V di MIS 05 Darussalam Kepahiang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Apni Nur Sella, Sellanurapnisella@gmail.com
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:08
Last Modified: 15 Aug 2023 03:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4846

Actions (login required)

View Item View Item