Strategi Wali kelas dalam Menerapkan Nilai-Nilai Karakter Tanggung Jawab di kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN)01 Kepahiang

Mawarsari, Juriyah and Komalasari, Bakti and Rahman, Abdul (2023) Strategi Wali kelas dalam Menerapkan Nilai-Nilai Karakter Tanggung Jawab di kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN)01 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi juriyah Mawarsari, 19531069, prodi PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pembelajaran yang harus diajarkan dan direalisasikan oleh setiap peserta didik, pendidikan karakter ini berlaku bagi setiap lembaga pendidikan. Madrasah Aliyah Negeri 01 Kepahiang sangat memperhatikan pendidikan karakter, terutama pada karakter tanggung jawab bagi setiap peserta didik. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa masih ada peserta didik yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah, terlambat mengumpulkan tugas dan ada yang bolos sekolah. Salah satunya dapat dilihat pada kelas XI IPS 1, dimana masih ada peserta didik yang tidak bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi wali kelas dalam menerapkan nilai-nilai karakter tanggung jawab peserta didik, dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang di hadapi wali kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas dan peserta didik kelas XI IPS 1. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang digunakan wali kelas adalah pertama, strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tidak langsung. Pada strategi pembelajaran langsung yaitu dengan mengenal masing-masing peserta didik, pemberian motivasi, dan melakukan bimbingan serta binaan kepada peserta didik. Sedangkan pada strategi pembelajaran tidak langsung yaitu dengan memberikan teladan yang baik bagi peserta didik, dan melakukan penataan kelas bersama-sama dengan peserta didik. Kedua, Faktor pendukung yaitu peserta didik memiliki motivasi dalam belajar dan motivasi dalam berinteraksi kepada teman dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih ada peserta didik yang malas dan nakal, peserta didik masih sedikit yang memiliki keberanian dalam memberikan pendapat, masih ada keraguan seperti ragu dan takut salah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mawarsari, JuriyahJuriyahmawarsari163@gmail.com
Komalasari, BaktiBaktikomala@gmail.com
Rahman, AbdulAbdulrahman04071972@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 15 Aug 2023 05:01
Last Modified: 15 Aug 2023 05:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4843

Actions (login required)

View Item View Item