Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Word Sqaure Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Iii Di Sdn 4 Rejang Lebong

Saputri Dewi Rikei, Rikei and Zulaiha, Siti and Oktori, Agus Riyan (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Word Sqaure Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Iii Di Sdn 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Imstitut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi rikei dewi saputri.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bahan ajar berbasis Word Square merupakan sebuah bahan ajar yang menjadi modul pembelajaran yang berupa permainan yang melatih kemampuan peserta didik untuk menjawab pertanyaan dan menemukan jawaban kata yang cocok pada kotak-kotak jawaban. Permainan ini menuntut peserta didik menjadi lebih cermat, mandiri, dan teliti. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, efektivitasan bahan ajar word square dalam meningkatkat hasil pembelajaran tematik siswa kelas III di SDN 4 Rejang Lebong Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development) dengan menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall yang terdiri dari potensi masalah, mengumpulkan data, mendesain produk, memvalidkan desain, merevisi desain tersebut, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Penelitian ini menggunakan pre-test dan pos-test dengan kelompok yang sama untuk mengetahui tingkat pemahaman anak terhadap penggunaan bahan ajar word square. Hasil analisis kebutuhan guru 88,64% dalam kategori “dibutuhkan” dan siswa 93,33% dengan kategori “dibutuhkan”. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu 88,89% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa yaitu sebesar 86,61% dengan kategori sangat layak, dan alhi media yaitu sebesar 93,18% dengan kriteria sangat layak. Teknik analisis data penelitian menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh bahwa produk bahan ajar word square sudah layak digunakan karena berada pada kategori “sangat layak” dan bahan ajar word square membuat anak belajar aktif, mandiri, dan efektif. Tingkat pemahaman terhadap bahan ajar word square bahan ajar diperoleh skor sebesar 95,54 berada dalam kategori “efektif”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saputri Dewi Rikei, Rikeirikeidewisaputri@gmail.com
Zulaiha, Sitilayesfakh0515@gmail.com
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:00
Last Modified: 15 Aug 2023 03:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4842

Actions (login required)

View Item View Item