Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi Pada Siswa di SDN 02 Rejang Lebong

Pradita, Dewi Ajeng and Asha, Lukman and Gunawan, Guntur (2023) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi Pada Siswa di SDN 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI.docx

Download (9MB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan anti korupsi di SDN 02 Rejang Lebong sangat penting untuk dipelajari kepada siswa di sekolah. Tetapi tidak semua nilai-nilai pendidikan anti korupsi ini tertanam kepada semua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui implementasi pendidikan anti korupsi pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SDN 02 Rejang Lebong, (2) Mengetahui apa saja kendala dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan anti korupsi pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SDN 02 Rejang Lebong. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif sedangkan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Jenis data dan sumber data: (1) Data Primer dan (2) Data Sekunder. Teknik pengumpulan data: (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data: (1) triangulasi sumber, (2) triangulasi waktu, dan (3) triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan ada 9 nilai, tetapi tidak semua nilai-nilai pendidikan anti korupsi ini tertanam kepada semua siswa. Nilai kejujuran, nilai kemandirian dan nilai kerja keras ini belum sepenuhnya ada pada diri siswa karena pada saat diberikan tugas kepada guru tidak mengerjakan tugasnya sendiri atau menyontek. Nilai keberanian ada juga yang belum tertanam pada diri siswa karena kurangnya percaya diri serta takut menghadapi segala sesuatu. Nilai kepedulian, nilai kesedarhanaan dan nilai keadilan siswa sudah menerapkannya nilai-nilai tersebut karena siswa berempati jika terdapat teman yang kesusahan dan membantu tanpa membeda-bedakan serta siswa berpenampilan sebagai mana mestinya pelajar, sedangkan nilai kedisiplinan dan nilai tanggung jawab siswa telah menerapkan nilai tersebut karena siswa disiplin datang pagi dan bertanggung jawab untuk melaksanakan piket kelas sesuai dengan jadwal. Kendala dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan anti korupsi adalah: (1) terdapat siswa yang tidak memahami materi secara langsung, (2) kurangnya ketersediaan buku tentang nilai-nilai anti korupsi di SDN 02 Rejang Lebong, (3) siswa yang berbeda-beda karakter, (4) tertanamnya 9 nilai tersebut pada siswa kurang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pradita, Dewi Ajengdewiajengpradita23@gmail.com
Asha, Lukmanasha.lukman@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:46
Last Modified: 15 Aug 2023 01:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4836

Actions (login required)

View Item View Item