Penggunaan Media Diorama Berbasis Kearifan Lokal Bahasa Rejang Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Min 1 Rejang Lebong

Utami, Vika Apri and Fathurrohman, Irwan and Oktori, Agus Riyan (2023) Penggunaan Media Diorama Berbasis Kearifan Lokal Bahasa Rejang Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Min 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI VIKA APRI UTAMI.pdf

Download (902kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di MIN 1 Rejang Lebong khususnya kelas III cenderung menggunakan metode ceramah saja dan belum sepenuhnya menggunakan media atau alat peraga. Minat siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru masih kurang. Sehingga siswa kurang memperhatikan pembelajaran, karna terasa membosankan dan monoton. Dampak pembelajaran seperti ini, mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami pelajaran IPA yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum, sesudah dan pengaruh penggunaan media diorama berbasis kearifan lokal (Bahasa Rejang) siswa kelas III MIN 1 Rejang Lebong pada pokok pembahasan siklus air. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pola one-group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan dokumentasi, dengan subjek penelitian siswa kelas III MIN 1 Rejang Lebong tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian dilaksanakan dua kali test yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas, Homogenitas, dan uji Hipotetsis dengan aplikasi Statistical Package For Sosial Sciences (SPSS) versi 22. Hasil belajar (pretest)) pada mata pelajaran IPA kelas III diperoleh nilai dengan rata-rata 65,3, belum mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan di MIN 1 Rejang Lebong yaitu 75, setelah di perlakuan (posttest) Penggunaan Media Diorama Berbasis Kearifan Lokal (Bahasa Rejang) nilai rata-rata kelas III MIN 1 Rejang Lebong mengalami peningkatan dengan rata-rata 83,5. Dengan hasil uji normalitas lebih besar (>) dari 0,05 yaitu 0.012. nilai signifikansi sebesar 0,018, dimana nilai tersebut lebih besar dari 0,5. melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa data pretest dan posttest pada kelas eksprimen bersifat homogen. Pada pengujian hipotesis menunjukkan bahwa harga thitung > ttabel (16,596 > 3,39) untuk taraf sig 0,05. Kenyataan ini menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh signifikan. Penggunaan media diorama berbasis kearifan lokal ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Utami, Vika Aprivikaapriutami24042001@gmail.com
Fathurrohman, Irwanirwan@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:34
Last Modified: 15 Aug 2023 02:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4831

Actions (login required)

View Item View Item