Oktarina, Ayu
(2019)
Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif Dprd Kabupaten Rejang Lebong.
Sarjana thesis, IAIN Curup.
|
Text
STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF DPRD KABUPATEN REJANG LEBONG.pdf
Download (877kB)
|
Abstract
Public Relations atau yang sering di kenal Humas (Hubungan Masyarakat) adalah lembaga yang berada di bawah naungan DPRD (dewan perwakilan rakyat daerah) yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah di provinsi/kabupaten/kota) di Indonesia. DPRD disebutkan dalam UUD 1945 pasal 18 ayat 3: "Pemerintahan daerah provinsi, daerah kabupaten, dan kota memiliki Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang anggota-anggotanya dipilih melalui pemilihan umum". DPRD kemudian diatur lebih lanjut dengan undang-undang, terakhir melalui UndangUndang Nomor 17 Tahun 2014.
Masalah utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Public Relations dalam mempertahankan citra positif DPRD Kabupaten Rejang Lebong. Berdasarkan observasi Public Relations DPRD sudah baik terbukti dengan menjalin kerjasama dengan pihak media, tidak mudah untuk menumbuhkan kepercayaan orang untuk menjalin suatu kerjasama. Peneliti berusaha membuktikan bagaimana strategi yang digunakan Public Relations DPRD sehingga citra positif yang sudah dibangun tetap dipertahankan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu uraian naratif suatu proses tingkah laku subjek yang sesuai dengan masalah yang akan diteliti. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penetian ini adalah untuk mengetahui Strategi Public Relations dalam mempertahankan citra positif DPRD Kabupaten Rejang Lebong, sehingga citra yang sudah di bangun tetap dipertahankan, agar mempermudah pekerjaan Public Relations DPRD Kabupaten Rejang Lebong dalam menjalin kerjasama dari pihak intern dan ekstern.
Dari penelitian disimpulkan bahwa strategi yang digunakan Public Relations dalam mempertahankan citra positif DPRD Kabupaten Rejang Lebong yaitu meliputi strategi employee relations(hubungan dengan karyawan) dengan cara melakukan komunikasi internal kepada para pegawai yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat dan untuk bekerja lebih efisien dan efektif, strategi human relations(hubungan dengan masyarakat) dengan cara silaturahmi dan tidak memutuskan komunikasi terhadap masyarakat mengenai aspirasi-aspirasi masyarakat, dan strategi pers relations(hubungan dengan media) dengan cara mengundang pihak media untuk meliput dalam kegiatan di DPRD Rejang Lebong.
Actions (login required)
|
View Item |