Pengaruh model participative teaching and learning (model partisipatif) dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 47 Rejang Lebong

Veronika, Sinta and Wahyudi, Edi and Dewi, Jauhari Kumara (2023) Pengaruh model participative teaching and learning (model partisipatif) dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 47 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
skripsi sinta veronika.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan model partisipatif “participative teaching and learning”, dan mengetahi pengaruh model partisipatif “participative teaching and learning” pada siswa kelas V SDN 47 Rejang Lebong. Model pembelajaran partisipatif ditekankan keteribatan peserta didik secara aktif dalam setiap tahap pembelajaran. Keterampilan menulis narasi merupakan kegiatan dalam bentuk tulisan dengan menggali ide, gagasan serta pikiran atau perasaan secara utuh, yang menceritakan tentang suatu kejadian atau peristiwa dengan susunan secara kronologis sehingga pembaca seolah-olah mengalami sendiri peristiwa tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN 47 Rejang Lebong dengan sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dan teknis analisi data menggunakan validitas, reliabilitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat dengan rata-rata 78,73. Hal tersebut diketahui dari peningkatan aktivitas siswa dalam belajar, kesiapan siswa , dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Terdapat pengaruh yang kuat terhadap model partisipatif dengan hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas yaitu dengan nilai koefisisen korelasi 0,75, dengan nilai sebesar 0,75, sedangkan rt masing-masing 0,374 dan 0,478. Artinya rxy atau “r” hitung observer (ro) adalah lebih besar daripada “r”tabel (rt), maka hipotesis alternatif (Ha ) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif antara model partisipatif (variabel x) dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa (variabel y). Kata Kunci : Model Pembelajaran Partisipatif, Keterampilan Menulis Karangan Naras

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Veronika, Sintasintaveronica131@gmail.com
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Dewi, Jauhari Kumarajauharikumara@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:34
Last Modified: 15 Aug 2023 08:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4819

Actions (login required)

View Item View Item