Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Negeri 5 Rejang Lebong

Anggraini Rieza, Rieza and Ifnaldi, Ifnaldi and Komalasari, Bakti (2023) Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Negeri 5 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
RIEZA ANGGRAINI SKRIPSI SELESAI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk Mengetahui Analisis model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Rejang Lebong. 2) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kelas VIII di SMP Negeri 5 Rejang Lebong. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian (field research) menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara, Dokumentasi dengan teknik analisis data pemaparan dan penggambaran dengan hasil uraian penelitian yang di peroleh kemudian melakukan penyederhanaan data dalam bentuk pemaparan dan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa analisis model pembelajaran Problem Based Learning di lakukan analisis mengenai tahap-tahap pembelajaran dalam Problem Based Learning yang telah di lakukan oleh guru Kelas VIII SMP Negeri 5 Rejang Lebong pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada tahap pertama guru mengorientasikan peserta didik terhadap pemecahan masalah, tahap kedua mengorganisasikan peserta didik, pada tahap ke tiga membimbing penyelidikan individu dan kelompok, pada tahap ke empat mengembangkan dan menyiapkan hasil karya, pada tahap ke lima, menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah Berdasarkan hasil analisis terhadap tahap-tahap di atas dapat di katakan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMP Negeri 5 Rejang Lebong berjalan dengan baik dan guru sudah menerapakan semua tahapan atau langkah-langkah model pembelajaran. Faktor pendukung dengan model pembelajaran Problem Based learning adalah motivasi siswa tinggi, sarana dan prasarana yang mendukung sedangkan faktor penghambatnya adalah membutuhkan banyak waktu, tingkat keragaman siswa, kemampuan guru yang belum maksimal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini Rieza, Riezariezaanggraini04@gmail.com
Ifnaldi, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Komalasari, Baktibaktikomala@gmail.com
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:21
Last Modified: 14 Aug 2023 08:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4809

Actions (login required)

View Item View Item