Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Sikap Profesionalisme Guru Non Pns di MIM 14 Talang Ulu

Sundari, Affrilia Nafa and Warlizasusi, Jumira and Sahib, Abdul (2023) Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Sikap Profesionalisme Guru Non Pns di MIM 14 Talang Ulu. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN SIKAP PROFESIONALISME GURU NON PN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nama Affrilia Nafa Sundari, NIM. 21861002, Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Sikap Profesionalisme Guru Non PNS Di MIM 14 Talang Ulu, tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 2021. Seorang guru ketika mengaplikasikan kompetensinya tentunya banyak menghadapi tantangan dan kendala yang muncul di dilapangan. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membantu guru adalah melalui supervisi akademik yaitu serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran. Untuk menjadi guru yang profesional tentunya seorang guru perlu dievaluasi untuk mengetahui kekurangan dan kendala yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap profesionalisme di MIM 14 Talang ulu dan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam menanamkan sikap profesionalisme Guru Non PNS di MIM 14 Talang Ulu yang berjumlah sebanyak 11 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumetasi untuk bukti penelitian. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu hasil observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder yaitu buku serta dokumen-dokumen lainnya. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Sikap profesionalisme guru Non PNS di MIM 14 Talang Ulu ini sudah dilakukan dengan baik dengan persentase sebesar 70%. Terdapa empat indikator guru yang profesional yaitu tanggung jawab, mampu melaksanakan tugas, mampu bekerja, mampu melaksanakan perannya, akan tetapi sikap yang ditonjolkan adalah tanggung jawab yang tinggi karena guru yang profesional adalah guru yang bersungguh-sungguh dengan apa yang ia kerjakan, kemudian peneliti menemukan indikator guru profesional adalah berakhlakul karimah tentunya hal ini berkaitan dengan akhlak dan perilaku yang baik. Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam menanamkan sikap profesionalisme yaitu dengan memberikan bimbingan-bimbingan baik secara berkelompok maupun personal, mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan bimtek. Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam menanamkan sikap profesionalisme guru Non PNS di MIM 1 Rejang Lebong dilakukan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Sundari, Affrilia Nafaaffrilianafa@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Sahib, Abdulnursahib767@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 05:10
Last Modified: 15 Aug 2023 05:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4763

Actions (login required)

View Item View Item