Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius pada Siswa SMP N 12 Lebong (Kecamatan Uram Jaya Kabupaten Lebong)

Pebryyanto, Pebryyanto and Asha, Lukman and Fakhruddin, Fakhruddin (2022) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius pada Siswa SMP N 12 Lebong (Kecamatan Uram Jaya Kabupaten Lebong). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tesis Pebryyanto (19871021).pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penanaman nilai-nilai karakter religius pada anak diperlukan kegiatan kegiatan yang bersifat religius dan diperlukan beberapa metode yang dapat digunakan. Kegiatan yang dimaksud ialah kegiatan yang berada diluar jam pelajaran yang bertujuan untuk menumbuhkan kepribadian dan karakter yang baik bagi siswa/peserta didik yang tentang pendidikan karakter religius. Serta diimbangi dengan metode yang sesuai dengan tujuan tersebut, seperti metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasehat. Penanaman merupakan cara menanamkan, sedangkan nilai karakter religius merupakan perilaku menjalankan ajaran agama yang dianutnya yang sesuai dengan aturan agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara menanamkan nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada disekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian yang diambil sebagai sumber penelitian yaitu kepala sekolah SMP N 12 Lebong . Teknik pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan, menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam SMP N 12 Lebong yang ada disekolah. Yaitu melalui kegiatan rutin berupa kegiatan harian dan kegiatan tahunan yang dapat dijadikan bagi peserta didik dalam menanamkan nilai karakter religius. Selain metode pembiasaan dalam menanamkan pendidikan karakter religius dilakukan pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah, pelatihan kultum bagi siswa, akhlak siswa ketika shalat berjama’ah serta membaca asma’ul husna pagi hari sebelum pelaksanaan program belajar mengajar. Karakter religius dapat ditanamkan dalam sekolah melalui 3 metode, metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasehat.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Pebryyanto, Pebryyantofebryyanto0194@gmail.com
Asha, Lukmanasha,lukman@gmail.com
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddinzidan@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:55
Last Modified: 16 Aug 2023 01:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4762

Actions (login required)

View Item View Item