Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi.Ips 3 SMA Negeri 2 Rejang Lebong

Asmawati, Sri (2019) Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi.Ips 3 SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Sri Asmawanti Nim. 15641018 Prodi. BKPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan hasil survei selama Praktek Lapangan Bimbingan Konseling di Sekolah bahwa beberapa siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Rejang Lebong mempunyai kemandirian belajar yang rendah. Ada beberapa siswa yang ketergantungan dengan guru dan temannya dalam masalah belajar, siswa terbiasa belajar menjelang ujian, siswa selalu mengulur-ulur waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, dan akhirnya menyontek sebagai andalannya. Berdasarkan fakta di atas peneliti ingin melaksanakan layanan konseling kelompok ini dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa tersebut. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen bentuk pre- experimen design. Desain penelitiannya pre test and post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Dengan teknik purposive sampling. Uji validitas dan reabilitas dengan menggunakan uji ahli yakni expert jugdemans. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa sebelum di berikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan rata-rata sebesar 70,29%, termasuk dalam kategori sedang, setelah di berikan perlakuan berupa konseling kelompok meningkat dengan rata-rata sebesar 78%, termasuk dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Asmawati, SriUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerSutarto, SutartoUNSPECIFIED
ReviewerRistianti, Dina HajjaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Kelompok dan Kemandirian Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mr Okky Rizkyantha
Date Deposited: 29 Oct 2019 13:42
Last Modified: 29 Oct 2019 13:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item