Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 80 Rejang Lebong

Anggraini, Riski and Bahri, Syaiful and Septiana, Anisya (2023) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 80 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Riski Anggraini 19591193.pdf

Download (1MB)

Abstract

STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN KURIKULUM MERDEKA DI SD 80 REJANG LEBONG Abstrak Nama: Riski ANggraini Nim: 19591193 Strategi kepemimpinan kepala sekolah merupakan rencana yang dilakukan oleh guru yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memimpin dan melmajukan suatu lembaga pendidikan. Dalam hal ini, tenaga pendidik harus bisa menciptakan suasana belajar yang aktif dan tidak berpatokan pada teori. Tantangan pada penerapan kurikulum merdeka sebenarnya lebih mengacu pada kesiapan tenaga pendidik (Guru). di SD Negeri 80 Rejang Lebong terdapat beberapa guru yang sudah memasuki usia pensiun sehingga sulit memahami pola pembelajaran dalam kurikulum merdeka, serta alokasi pendanaan dalam penyediaan fasilitas belum memadai, sedangkan kurikulum merdeka adalah pembelajaran yang lebih menekanan pada kompetensi guru dan pembelajaran dengan eradigital. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/verification. Stratelgi kelpelmimpinan kelpala selkolah dalam melnghadapi tantangan kurikulum di SD Nelgelri 80 Reljang Lelbong yang difokuskan untuk meningkatkan kompetensi guru dan mengalokasikan dana sekolah adalah melaksanakan IHT yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru. Kemudian mengikuti kegiatan MKKS yang didalamnya meliputi kegiatan KKG, mengikuti workshop dan program kegiatan dan pelatihan supervisi pembelajaran peserta didik kepada tenaga pendidik. Sedangkan dalam mengelola dana sekolah stratelgi yang digunakan kelpala selkolah ada lima tahapan yaitu fleksibitas, efektivitas, efisiensi, akuntabilitas, transparansi. Kata Kunci: Strategi Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Tantangan Kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, RiskiAnggrainirizki57@gmail.com
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Septiana, Anisyaanisyasyafei@gmail.com
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:53
Last Modified: 14 Aug 2023 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4747

Actions (login required)

View Item View Item