Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Persepsi dan Motivasi Siswa dalam Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Eksperimen di SMP Negeri B Srikaton Kab.Musi Rawas)

Novalia, Yefni and Hartini, Hartini and Rini, Rini (2023) Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Persepsi dan Motivasi Siswa dalam Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Eksperimen di SMP Negeri B Srikaton Kab.Musi Rawas). Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN PERSEPSI DAN MOTIVASI SISWA DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses layanan bimbingan dan konseling belum dimanfaatkan secara optimal kepada semua siswa. Hal ini karena siswa yang datang ke ruang bimbingan konseling hanya siswa yang dipanggil saja dan siswa yang direkomendasikan oleh guru matapelajaran atau wali kelas. Banyak siswa yang enggan memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling secara sukarela. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya kurang berjalan atau kurang optimalnya pemberian layanan informasi yang diberikan oleh guru pembimbing kepada semua siswa terkait apa dan bagaimana seharusnya bimbingan konseling itu sendiri, persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling serta motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh layanan informasi terhadap peningkatan persepsi dan motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri B Srikaton. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik penelitian preeksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN B Srikaton terdiri 7 kelas yang berjumlah 243 siswa. Dalam penelitian ini jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael, dengan tingkat kesalahan 15%. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan analisis data menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest persepsi sebesar 31,97 meningkat menjadi 97,19 pada skor posttest. Dan pada pretest motivasi sebesar 29,75 meningkat menjadi 68,91 pada skor posttest. Analisis data menggunakan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 (5%),diperoleh Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Artinya nilai 0,000 lebih kecil dari ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan informasi berpengaruh terhadappeningkatan persepsi dan motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri B Srikaton Tahun Pelajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Novalia, YefniUNSPECIFIED
Hartini, HartiniUNSPECIFIED
Rini, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan informasi, persepsi, motivasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Bimbingan_Konseling_Pendidikan_Islam-S2
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:08
Last Modified: 14 Aug 2023 02:08
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4722

Actions (login required)

View Item View Item