Penyikapan Guru Pembimbing Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Rejang Lebong

Naldi, Wahyu and Sari, Dewi Purnama and Kusen, Kusen (2022) Penyikapan Guru Pembimbing Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
PENYIKAPAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 REJANG LEBONG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wahyu Naldi (20811015): Penyikapan Guru Pembimbing Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Rejang lebong, tesis, Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Kesulitan belajar merupakan permasalahan yang sangat kompleks dihadapi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang sedang diikutinya. Dalam pelaksanaanya siswa mengalami hambatan dan kendala dalam mengikuti pembelajaran. Kuranyngya motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini dimaksudkan 1) untuk mengetahui identifikasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa di sekolah 2) untuk mengetahui gagasan guru pembimbing dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. dan 3) untuk mengetahui penanganan guru pembimbing terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar. Jenis penelitian yang dugunakan merupakan penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode studi kasus (case study). Sementara subjek penelitian yakni guru pembimbing, guru matapelajaran dan siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu melalui; wawancara (interview), observasi (observation) dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Sementara untuk keabsahan data menggunakan triangulasi data yakni triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Guru pembimbing dalam mengidentifikasi kesulitan belajar dengan menganalisis laporan hasil beajar dari guru mata pelajaran 2) Gagasan yang dilakukan guru pembimbing untuk mengatasi kesulitan belajar dengan mempelajari kesulitan yang ada dan mempelajari faktor-faktor penyebabnya 3) Cara guru pembimbing menangani kesulitan belajar siswa dengan memberikan layanan informasi, layanan konseling individu, kolaborasi dengan guru matapelajaran dan orang tua. Melakukan pelayanan bimbingan konseling dan mengevaluasi secara berkesimbungan setiap perkembangan siswa. Kata Kunci : Guru Pembimbing, Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Naldi, WahyuUNSPECIFIED
Sari, Dewi Purnamadewipurnamasari@gmail.com
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Pasca_Sarjana > Bimbingan_Konseling_Pendidikan_Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:01
Last Modified: 14 Aug 2023 04:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4717

Actions (login required)

View Item View Item