Manajemen Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Sa`adah, Nila and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Ridwan, Rifanto Bin (2023) Manajemen Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext (19).pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup menjadi perpustakaan pertama di provinsi Bengkulu dengan akreditasi A. Namun, juga mengalami suatu permasalahan yaitu kurangnya tenaga Pustakawan dimana idealnya perbandingan pustakawan dengan pemustaka yaitu 1 berbanding 500, sedangkan jumlah pustakawan di IAIN Curup hanya 5 orang dengan jumlah pemustaka kurang lebih 4000 orang. Hal ini mengakibatkan kurang efektifnya layanan di Perpustakaan IAIN Curup. Dengan penggunaan teori yang dijabarkan oleh Terry, penelitian ini membahas mengenai manajemen Perpustakaan IAIN Curup dengan berpedoman pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan Pengontrollan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan atau Planning mengenai sitem pelayanan dilaksanakan oleh perpustakaan IAIN Curup dengan dengan memperhatikan beberapa aspek penting dalam Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi tahun 2017 yaitu Visi, Misi dan Tujuan, perencanaan bahan koleksi, sarana dan prasarana, hingga sistem layanan-layanan Perpustakaan IAIN Curup. Pengorganisasian (Organizing) dilaksanakan oleh Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup tahapan diantaranya pertama merincikan tugas, kedua pembagian tugas atau posisi dan ketiga pemberian arahan serta mekanisme kerja. Pelaksanaan (Actuatting) pelayanan dilaksanakan dengan berfokus pada layanan lanta 1 dengan adanya layanan loker, presensi, layanan meja referensi, layanan tendon, layanan Rejang Corner dan Layanan Pojok Kependududkan. Layanan pada lantai 2 Perpustakaan IAIN Curup berfokus pada layanan sirkulasi. Layanan lantai 3 Perpustakaan IAIN Curup berfokus pada layanan Referensi. Pengawasan atau pengontrolan mengenai pelayanan dilaksanakan dalam lingkungan internal perpustakaan dan eksternal perpustakaan yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Satuan Pengawasan Internal (SPI) IAIN Curup. Kata Kunci: Manajemen, Perpustakaan Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Sa`adah, Nilanilasaadah1985@gmail.com
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Ridwan, Rifanto BinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:41
Last Modified: 15 Aug 2023 01:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4714

Actions (login required)

View Item View Item