Kurnia, Nopi and Asha, Lukma and Sahib, Abdul (2023) Manajemen Kepemimpinan Dalam Mengembangkan Usaha Kreatif Di Pondok Pesantren An-Naml Musi Rawas Utara. Masters thesis, Institut Agama Islam Negri Curup.
Text
Manajemen Kepemimpinan Dalam Mengembangkan Usaha Kreatif Di Pondok Pesantren An-Naml Musi Rawas Utara,.pdf Download (1MB) |
Abstract
Menghadapi era digital yang makin hari makin maju, lembaga pendidikan dituntut untuk mampu mengikuti kemajuan yang ada sehingga eksistensinya tidak tergerus dengan perkembangan zaman. Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional, memiliki peran yang penting dalam membentuk generasi muda yang kreatif dan berpotensi menjadi pemimpin masa depan. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan usaha kreatif di Pondok Pesantren An-Naml melalui aspek kepemimpinan dan manajemen yang dilaksanakan oleh pimpinan Pondok Pesantren An-Naml. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, analisis data secara kualitatif, serta interpretasi dan penyajian temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren An-Naml memiliki kepemimpinan cermat dalam memilih karyawan yang sesuai dengan kompetensi dan nilai-nilai yayasan. Mereka mengatur tujuan dan tugas secara terukur, serta memberikan motivasi dan dukungan kepada karyawan. Yayasan juga menerapkan sistem monitoring dan evaluasi untuk mencapai tujuan dan mengatasi masalah. Pondok Pesantren An-Naml mengembangkan usaha kreatif di tiga sektor: pertanian (budidaya sayuran organik dan peternakan sapi potong), industri kecil (makanan ringan dan kerajinan tangan), dan jasa (penginapan dan catering). Mereka fokus pada pendekatan berkelanjutan, kualitas tinggi, dan pelayanan yang ramah dan profesional. Pimpinan Pondok Pesantren An-Naml Musi Rawas Utara melaksanakan manajemen yang efektif dalam membentuk usaha kreatif. Mereka memotivasi dan mengembangkan kemampuan para pengurus, santri, dan karyawan melalui pelatihan dan pendampingan. Keuangan usaha kreatif dijaga dengan perencanaan dan penganggaran yang matang. Mereka juga menggunakan strategi pemasaran yang efektif dengan riset pasar dan pemanfaatan media sosial. Perhatian terhadap kualitas produk dan jasa menjadi fokus dalam mempertahankan dan menarik pelanggan baru. Kata Kunci: Kepemimpinan, Usaha Kreatif, Manajemen
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 07:29 | ||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:29 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4709 |
Actions (login required)
View Item |