Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembinaan Adab Melalui Bimbingan Kelompok Siswa Kelas IX di SMPN 07 Rejang Lebong

Ningsih, Rita Setia and Hartini, Hartini and Fadila, Fadila (2023) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembinaan Adab Melalui Bimbingan Kelompok Siswa Kelas IX di SMPN 07 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
BISMILLAH AAC CETAK SKRIPSI FULL RITA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Adab merupakan pondasi manusia dalam berperilaku, perilaku terpuji, baik sopan santun, perkataan, dan perbuatan, dalam hal ini guru Bimbingan Dan Konseling memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa yang memiliki catatan adab kurang baik di sekolah. Tujuan dari layanan ini di berikan yaitu untuk mengetahui bagaimana cara layanan bimbingan kelompok dalam menangani permasalahan adab siswa yang kurang baik di SMPN 07 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif atau penelitian lapangan. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara dengan guru Bimbingan Dan Konseling, 2 guru mata pelajaran, 1 guru wali kelas. Dan 10 orang siswa, 8 siswa yang mengalami permasalahan adab kurang baik disekolah serta 2 siswa yang memiliki catatan prestasi baik. Tehnik pengumpulan data disini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, Dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu pertama permasalaan adab siswa kelas IX, berani membantah gurunya, menghindar ketika bertemu gurunnya, berani membentak gurunnya. Kedua faktor penyebab timbulnya permasalahan faktor penyebab timbulnya permasalahan kurangnya adab siswa kelas IX di SMPN 07 Rejang Lebong, bahwasannya faktor yang menyebabkan kuranngnya adab siswa yaitu, dari faktor internal dan externalnya, yaitu dari diri sendiri, bagaimana remaja dalam mengendalikan diri, mengendalikan emosinya atau mengontrol dirinya, lingkungan dan sosialnya bagaiamana siswa mampu mengatur kehidupan sosialnya, tidak mudah terpengaruh dan pola asuh orang tua yang baik. Ketiga hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok peneliti melakukan tiga tahap penilaian yaitu penilaian segera (laiseg), siswa mengetahui dan memahami apa itu adab yang baik, adab yang kurang baik, contoh adab yang baik, penerapan adab yang baik dan siswa berkomitmen untuk memperbaiki adabnya, penilaian jangka pendek (laijapen), pada awal siswa sudah terlihat perubahan adab nya menjadi lebih baik, meski tidak semua siswa, guru Bimbingan Dan Konseling melakuka panggilan secara langsung memberikan pemahaman kembali kepada siswa bagaimana adab yang baik degan tujuan siswa dapat berubah, selanjutnya penilaian jangka panjang (laijapang) guru Bimbingan Dan Konseling melaksanakan kembali layanan bimbingan kelompok pembinaan adab siswa kepada gurunya, dari layanan ke dua ini dapat disimpulkan bahwasannya ada beberapa siswa yang betul-betul sudah memperbaiki adab kepada gurunya, dan juga masih ada beberapa siswa yang memiliki adab kurang baik kepada gurunya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ningsih, Rita Setiaritasetianingsih36@gmail.com
Hartini, Hartinihartini@iaincurup.ac.id
Fadila, Fadilafadilaiaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun5 akun5
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:55
Last Modified: 14 Aug 2023 02:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4707

Actions (login required)

View Item View Item