Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial (Studi Kasus Kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejang Lebong)

Hardianti, Rien and Nuzuar, Nuzuar and Siswanto, Siswanto (2019) Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial (Studi Kasus Kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejang Lebong). Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini bahwa pembentukan karakter salah satu tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Karakter tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus dibentuk, ditumbuh kembangkan dan dibangun kemauan yang teguh merupakan salah satu wujud dari karakter seseorang melalui proses sosialisasi. Berhasil atau tidaknya guru pendidikan agama Islam dalam pendidikan karakter peduli sosial ini tidak lepas dari strategi dan inovasi yang dimiliki oleh seorang guru itu sendiri dalam mendidik tertutama dalam pendidikan karakter peduli sosial ini. Karena peran dari guru pendidikan agama islam ini sangat penting dalam meciptakan karakter peduli sosial peserta didik.Bagaimana inovasi strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN Rejang lebong? dan Bagaimana bentuk karakter peduli sosial siswa MAN Rejang Lebong? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN Rejang lebong dan Bagaimana bentuk karakter peduli sosial siswa MAN Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang terkumpul dari hasil pengamatan (observasi, wawancara dan dokumentasi), mengadakan reduksi data, display data, kesimpulan danverifikasi. Simpulan penelitian ini yakni :1) Guru pendidikan agama islam dalam pendidikan karakter peduli sosial ini tidak lepas dari strategi dan inovasi yang dimiliki oleh seorang guru itu sendiri dalam mendidik tertutama dalam pendidikan karakter peduli sosial ini. Karena peran dari guru pendidikan agama islam ini sangat penting dalam menciptakan karakter peduli sosial peserta didik.2) guru dapat menanamkan nilai kepedulian sosial dengan cara sosialisasi tentang kepedulian social seperti kunjungan ke panti asuhan untuk memberikan nuansa yang nyata, kepada siswa untuk menumbuhkan sifat tolong menolong dalam melakukan kebaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Hardianti, RienUNSPECIFIED
Nuzuar, NuzuarUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inovasi Strategi; Karakter Peduli Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Rahmat Iswanto
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:19
Last Modified: 25 Jul 2019 05:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item