Oktariani, Dera and Nasution, Aida Rahmi and Meldina, Tika (2023) Implementasi kurikulum merdeka belajar di SDN 17 rejang lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
DERA OKTARIANI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kondisi learning loss dan learning gap sehingga terjadinya pergesaran model pembelajaran dari luring menjadi daring. Oleh karena itu dilakukan penyederhanaan dan penyempurnaa Kurikulum sebelumnya. Dengan hadirlah Kurikulum Merdeka Belajar melalui platform Merdeka mengajar oleh Nadiem Anwar Makarim, pada 11 Februari 2022. Implementasi Merdeka Belajar dilaksanakan di sekolah-sekolah di Indonesia pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 17 Rejang Lebong (2) mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 17 Rejang Lebong; (3) mendeskripsikan kompetensi apa saja yang dikembangkan dalam Kurikulum Merdeka Belajar; (4) konstribusi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap proses pembelajaran di SDN 17 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Riset Case Study (Riset Studi Kasus) yang berarti penelitian dilakukan secara sistematis dengan mengumpulkan dan menganalisis berupa kata-kata lisan serta mengangkat data yang ada di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan melalui enam tahapan yakni organisasi data. pembacaan memoing, mendeskripsikan data menjadi kode dan tema, mengklarifikasikan data, menafsirkan data, menyajikan data. Serta teknik uji keabsahan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa; (1)konsep pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar yang dilaksanakan oleh SDN 17 Rejang Lebong sudah mengikuti tahapan-tahapan yang jelas dan terkonsep sesuai dengan karakteristik Merdeka Belajar, prinsip pengembangan Merdeka Belajar, Tujuan Merdeka Belajar, assessment Kurikulum Merdeka Belajar; (2)implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 17 Rejang Lebong telah mengikuti tahapan yang sesuai dengan tahapan perecanaan Merdeka Belajar, tahap pemgimplementasian Kurikulum Merdeka Belajar serta evaluasi pelaksanaan Merdeka Belajar; (3)kompetensi yang dikembangkan sesuai dengan kompetensi yang Merdeka Belajar yaitu melaksanakan kompetensi abad-21; (4)konstribusi Medeka Belajar terhadap proses pembelajaran di SDN 17 Rejang Lebong telah menerapkan inovasi pemeblajaran abad 21 sesuai dengan implementasi konsep Kurikulum Merdeka Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Users 31 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2023 04:38 | ||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:38 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4699 |
Actions (login required)
View Item |