Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 3 Surulangun Kabupaten Musi Rawas Utara

Amriyadi, Amriyadi and Warsah, Idi and Murniyanto, Murniyanto (2023) Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 3 Surulangun Kabupaten Musi Rawas Utara. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
tesis AMRIYADI (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Amriyadi, 21871001, Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 3 Surulangun Kabupaten Musi Rawas Utara, Tesis, Curup; Program Pascasarjana IAIN Curup, Prodi Pendidikan Agama Islam, 2023. 130 halaman. Pendidikan Agama Islam merupakan bagian integral dari sistem pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia, beriman kuat, dan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang ajaran agama Islam. Dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam, perlu adanya sistem penjaminan mutu yang efektif dan komprehensif. Sistem penjaminan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Pentingnya sistem penjaminan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak dapat dipungkiri. Melalui sistem ini, para pelaku pendidikan dapat melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil pembelajaran, mengidentifikasi kelemahan yang ada, serta merancang langkah-langkah perbaikan yang diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem penjaminan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 3 Surulangun Kabupaten Musi Rawas Utara khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, analisis data secara kualitatif, serta interpretasi dan penyajian temuan. Hasil penelitian menujukan pembelajaran PAI kelas V di SDN 3 Surulangun terstruktur dan komprehensif. Guru menetapkan tujuan, menggunakan metode dan media pembelajaran relevan, serta melakukan monitoring dan evaluasi. Evaluasi dilakukan melalui tes, tugas, dan pengamatan perilaku siswa. Terdapat RPP dan Silabus sebagai panduan. Pembelajaran melibatkan orangtua dan hasil evaluasi digunakan untuk perbaikan. Pemetaan mutu melibatkan tim pengembang kurikulum, pemantauan kelas, pertemuan dengan guru, kerjasama dengan lembaga Islam, evaluasi instrumen, dan keterlibatan siswa dalam evaluasi. Sekolah memiliki standar di atas standar nasional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. SDN 3 Surulangun menerapkan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam pembelajaran agama Islam. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Penjaminan Mutu

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Amriyadi, Amriyadiamriyadi.tazakka@gmail.com
Warsah, Idiidiwarsah@iaincurup.ac.id
Murniyanto, Murniyantomurniyanto@gmail.com
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:42
Last Modified: 11 Aug 2023 08:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4688

Actions (login required)

View Item View Item