Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Di Smp N 05 Lebong

Opianesti, Opianesti (2019) Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Di Smp N 05 Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA DI SMP N 05 LEBONG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya partisipasi belajar yang terjadi dalam proses belajar mengajar dimana masih banyak peserta didik yang hanya duduk diam dan tidak menanggapi stimulus yang diberikan guru, sehingga respon yang di dapat oleh guru hanya sebagian dari jumlah siswa tersebut. Guru PAI sudah menggunakan metode diskusi dan membagi siswa kedalam beberapa kelompok, tapi pada saat diskusi berlangsung tidak adanya partisipasi dari peserta didik. Masih banyak siswa yang tidak menanggapi hasil diskusi, siswa memilih diam dan tidak mengelurkan pendapat mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan partisipasi belajar, dan faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. Jenis penelitian yang dipilih oleh peneliti yang bersifat deskriptif kualitatif dan subjek penelitian ini adalah SMP N 05 Lebong. Objek penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu upaya guru PAI dalam meningkatkan partisipasi belajar dengan cara: 1. memberikan motivasi atau menarik perhatian siswa, memberikan stimulus, (masalah, topik, dan konsep ) yang akan di pelajari, memunculkan aktivitas partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, menyimpulkan setiap materi yang disampaikan diakhir pembelajaran, pemberian hadiah atau (reward) , mengajak siswa belajar sambil bermain, mengajak siswa untuk belajar di luar. 2. Faktor penghambat yang di hadapi guru PAI dalam meningkatkan partisipasi belajar yaitu: pertama faktor internal ; fisik (kesehatan, lapar, gangguan panca indra). Psikologis; ( tidak tenang, mudah cemas, gugup). Kedua yaitu faktor eksternal yang meliputi faktor lingkungan, keluaga, sekolah, ruang belajar yang sempit, kotor dan suhu udara yang panas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Opianesti, OpianestiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerHarmi, HendaUNSPECIFIED
ReviewerYanuarti, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI; Partisipasi Belajar; Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 29 Oct 2019 13:42
Last Modified: 29 Oct 2019 13:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item