Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Min 1 Rejang Lebong

Sandi, Ria and Sutarto, Sutarto and Sumarto, Sumarto (2023) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Min 1 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS RIA SANDI.pdf

Download (52MB)

Abstract

Nama Ria Sandi, Nim.21861013, Kepemimpinan kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di MIN 1 Rejang Lebong, tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 2023. MIN 1 Rejang Lebong, secara perlahan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan madrasah sebagaimana dikatakan bahwa moderasi ini tumbuh menjadi penyeimbang atas kehadirannya golongan yang sering membid’ahkan dan mengkafirkan golongan lain. Selain itu moderasi Islam merupakan pemahaman Islam moderat dengan gagasan menentang segala bentuk kekerasan, melawan fanatisme, ekstrismisme, menolak intimidasi dan terorisme. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode pendekatan kualitatif naturalistic dalam rangka memperoleh gambaran menyeluruh dan alamiah tanpa rekayasa. metode yang tepat untuk mengungkapkan dan memberikan makna serbagai penelitian yang saling berkaitan dan berpengaruh dalam kepemimpinan kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di MIN 1 Rejang Lebong. Moderasi beragama memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan dengan komitmen kebangsaan, toleransi, anti radikalisme dan kekerasan, serta sikap akomodatif terhadap budaya dan kearifan lokal. Moderasi Beragama adalah budaya dan perilaku bangsa Indonesia yang harusditerapkan dalam kehidupan sehari-hari Penelitian tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di MIN 1 Rejang Lebong akan disimpulkan sebagai berikut: Kepemimpinan dalam menanamkan komitmen kebangsaan di MIN 1 Rejang Lebong dilakukan dengan: a). membiasakan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehar-hari, b). memberikan keteladanan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, c). menanamkan semangat dan komitmen kebangsaan, d). berjuang dari dalam hati yang baik, e). melaksankan aktifitas upacara bendera merah putih pada hari senin dan hari besar lainnya, f) menerapkan disiplin yang baik dari semua warga madrasah, g) melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka dan taekwondo, h) melaksankan pembelajaran yang kondusif dan disiplin, i) mengamalkan berbagai ragam budaya dan keanekaragaman bangsa Indonesia. Kepemimpinan kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai toleransi adalah dengan mentaati peraturan dan tata tertib di madrasah. Dampak kepemimpinan Madrasah dalam menanamkan komitmen kebangsaan adalah tertanamnya sikap bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati atau sesuatu yang harus tetap dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan cara mengedepankan kepentingan bangsa dari pada kepentingan pribadi dan golongan, cinta tanah air ikut menjaga ketertiban di madrasah dan masyarakat tidak membuat onar menghargai perbedaan budaya dan memiliki sikap rela berkorban.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Sandi, Riariasandi1986@gmail.com
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:54
Last Modified: 15 Aug 2023 04:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4669

Actions (login required)

View Item View Item