Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong

Sovia, Sovia (2018) Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Madrasyah Aliyah Negeri Rejang Lebong.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Perencanaan manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MAN Rejang Lebong Kendala; 2. Kendala yang dihadapi MAN Rejang Lebong 3. solusi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MAN Rejang Lebong. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, sedangkan sifat analisisnya datanya adalah kualitatif. Sedang metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan manajemen perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong, selain dilihat dari aspek perencanaan juga bisa dilihat dari aspek pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, pemberdayaan, motivation, fasilitatif, dan evaluasi. Dari aspek perencanaan, perpustakaan MAN Rejang Lebong telah merencanakan kegiatan dalam penyelenggaraan perpustakaan yang meliputi anggaran, pengadaan buku, sumber daya manusia. Dari aspek pengorganisasian, perpustakaan MAN Rejang Lebong sudah membuat struktur organisasi dengan baik, sehingga dapat memperlancar kinerja perpustakaan sesuai pekerjaannya misalnya ketenagaan, pelayanan. Dari aspek pergerakan, Pergerakan dalam manajemen perpustakaan MAN Rejang Lebong meliputi: pelayanan, dan penyediaan sarana prasarana. Dari aspek pengawasan, pengawasan dalam manajemen perpustakaan MAN Rejang Lebong dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan perpustakaan, selain untuk memperoleh peningkatan kualitas. Dari aspek motivation, motivation dalam manajemen perpustakaan MAN Rejang Lebong diberikan agar para tenaga perpustakaan dapat memberikan pelayanan kepada pengguna perpustakaan dengan sebaik-baiknya. Aspek fasilitatif, fasilitatif dalam manajemen perpustakaan MAN Rejang Lebong bersifat sebagai penunjang atau pendorong dalam meningkatkan kinerja dari para tenaga perpustakaan dan kepala perpustakaan. Aspek evaluasi, evaluasi dalam manajemen perpustakaan MAN Rejang Lebong ditempuh untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program-program perpustakaan tercapai dan pastinya untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi. Kendala dan solusi dari manajemen perpustakaan di MAN Rejang Lebong. Untuk kendalanya adalah berkaitan dengan ketenagaan, yaitu belum adanya pustakawan di perpustakaan MAN Rejang Lebong. Sedang untuk solusinya dari ketiadaan pustakawan yaitu dengan mengoptimalkan tenaga wakaperpustakaan merangkap sebagai pustakawan sampai pihak perpustakaan mempunyai pustakawan. Dari hasil penelitian ini diperoleh pertama: guru dapat meningkatkan minat baca siswa dengan cara mengoptimalkan tenaga perpustakaan dan menambah buku-buku yang masih kurang, kedua: faktor kurangnnya minat baca siswa yaitu kurangnnya sarana prasarana dan referensi yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sovia, SoviaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerAsha, LukmanUNSPECIFIED
ReviewerBahri, SyaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perpustakaan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 29 Oct 2019 13:41
Last Modified: 29 Oct 2019 13:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item