Peran Guru Dalam Membangun Sikap Tanggung Jawab di Sekolah Dasar Negeri 13 Rejang Lebong

Marlina, Diona Adene Indah Sari and Kurniawan, Kurniawan and Bahri, Syaiful (2023) Peran Guru Dalam Membangun Sikap Tanggung Jawab di Sekolah Dasar Negeri 13 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DIONA_ADENE[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

PERAN GURU DALAM MEMBANGUN SIKAP TANGGUNG JAWAB DI SEKOLAH DASAR NEGERI 13 REJANG LEBONG Diona Adene Indah Sari Marlina NIM. 18591031 ABSTRAK Banyak peserta didik yang belum memiliki rasa tanggung jawab penuh, seperti tanggung jawab terhadap tugas sekolah, berpakaian tidak rapi, melanggar tata tertib sekolah, membuang sampah sembarangan, serta tidak mengerjakan piket kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran guru dalam membangun sikap tanggung jawab siswa di SDN 13 Rejang Lebong. Karakter merupakan fondasi awal untuk menanamkan kepada peserta didik agar menjadi generasi yang berakhlak mulia sesuai dengan norma yang diinginkan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya membangun sikap tanggung jawab kepada peserta didik dikarenakan sekarang banyak teradi penyimpangan-penyimpangan yang jauh dari karakter mulia. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah guru sudah menjalakan perannya dikelas sebagai perancang pembelajaran, konselor, dan evaluator. Namun banyak peserta didik yang belum menjalankan tanggung jawabnya dengan baik saat dikelas, seperti tugas-tugas yang seharusnya dilakukan belum dilaksanakan dengan baik, kemudian kurangnya kesadaran peserta didik dalam tanggung jawab, seperti tidak membuat PR, membuang sampah sembarangan, dan tidak melaksanakan piket kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru telah menerapkan sikap tanggung jawab kepada siswa secara maksimal. Peran guru sebagai pendidik harus ikut serta dalam proses pembelajaran, diskusi, dan mengambil inisiatif sebagai usaha membangun Pendidikan karakter. Guru juga bertanggung jawab sebagai model yang mempunyai nilai-nilai moral dan memanfaatkan kesempatan untuk mempengaruhi peserta didiknya. Untuk itu diharapkan sekolah hendaknya selalu menerapkan karakter-karakter lainnya selain tanggung jawab, selalu berkomunikasi terhadap perkembangan karakter peserta didik kepada orang tuanya, dan guru harus menjadi panutan untuk peserta didiknya karena guru itu sebagai orang tua kedua bagi peserta didik. Kata Kunci : peran, Guru, Sikap Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Marlina, Diona Adene Indah Saridionaadene16@gmail.com
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:01
Last Modified: 11 Aug 2023 08:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4636

Actions (login required)

View Item View Item