Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 20 Lebong

Amanda, Rizki and Masudi, Masudi and Karolina, Asri (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 20 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
RIZKI AMANDA.pdf

Download (885kB)

Abstract

Riski Amanda Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 20 Lebong. ABSTRAK Minat baca siswa akan tumbuh dan berkembang jika telah menjadi kebutuhan bahkan kegemaran bagi para siswa. Dengan adanya minat yang tinggi pada siswa akan menjadikan siswa lebih bersemangat dan bergairah dalam belajar. Seseorang yang tidak berminat untuk mempelajari sesuatu biasanya tidak dapat diharapkan akan berhasil dengan baik dalam menguasai ilmu yang dipelajari. Upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa pendidikan agama Islam yang merupakan salah satu faktor pendorong keberhasilan proses pembelajaran yang ditandai oleh perubahan sikap dan tingkah laku melalui pengamalan terhadap isi materi yang terkandung di dalam mata pelajaran yang mereka pelajari khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam. Adapun tujuan dalam penulisan ini untuk mengetahui kebijakan yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam. untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 20 Lebong. untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP 20 Lebong. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam pada kelas VIII di SMP Negeri 20 Lebong. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriftif analisis yang menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode dalam peneliy\tian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Adapun sumber data yang diperoleh dari guru pendidikan agama Islam dan siswa-siswi kelas VIII di SMP Negeri 20 Lebong. Dari hasil penelitian disimpulkan upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 20 Lebong yaitu pertama pengelolaan kelas yakni upaya memberdayakan potensi kelas dan mempertahankan kondisi kelas yang ada seoptimal mungkin. Kedua pemberian motivasi yakni adanya pemberian motivasi dari seorang guru maka siswa akan timbul semangat untuk melakukan sesuai apa yang diharapkan. Ketiga mengajarkan metode membaca yakni metode ini digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa agar para siswa tidak mengalami kejenuhan dan kebosanan dalam belajar. Keempat menjadi pendidik dan pembimbing yakni mendidik dan membimbing para siswa untuk gemar dalam membaca, upaya tersebut dengan cara memberikan perhatian kepada siswa, memahami keluhan siswa dalam belajar serta mengarahkan siswa untuk membudayakan gemar membaca dalam dalam dirinya. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Minat Baca,Pendidikan Agama Islam,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Amanda, Rizkirizkiamanda106@gmail.com
Masudi, Masudimasudialwi70@gmail.com
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:23
Last Modified: 11 Aug 2023 07:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4634

Actions (login required)

View Item View Item