Pengaruh Pendekatan Emosional Antara Guru Dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 11 Rejang Lebong

Gusviana, Lisa and Botifar, Maria and Zelvi, Zelvi (2023) Pengaruh Pendekatan Emosional Antara Guru Dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 11 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI LISA FIX ALHAMDULILLAH-1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar sering ditemukan berbagai permasalahan yang menjadi kendala dalam proses pembelajaran yang disebabkan oleh berbagai karakteristik dan kemampuan sehingga tingkat penguasaan belajar berbeda antara siswa satu dengan yang lainnya, sehingga seorang guru melakukan pendekatanpendekatan terhadap siswa terutama pendekatan emosional. Penelitian ini ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan emosional antara guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa di SDN 11 Rejang Lebong. Dalam penelitian ini membahas bagaimana pendekatan emosional siswa, bagaimana motivasi belajar siswa, dan apakah pengaruh pendekatan emosional antara guru dan siswa terhadap motivasi belajar di SDN 11 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat statistik Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dengan menyebarkan kuesioner penelitian kepada siswa di SDN 11 Rejang Lebong. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya yaitu pendekatan emosional guru, sedangkan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar siswa.. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : penggunaan pendekatan emosional antara guru dan siswa berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di SDN 11 Rejang Lebong. Siswa yang memiliki motivasi kuat akan memiliki banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar. Pendekatan emosional guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di SDN 11 Rejang Lebong sebesar 40,0%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini ditunjukkan oleh tingkat signifikansi sebesar 0,001 menunjukkan lebih kecil dari pada 0,05 yang berarti Ha diterima. Hal ini menunjukkan jika pendekatan emosional meningkat maka motivasi belajar juga meningkat. Kata kunci : Pendekatan Emosional, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Gusviana, Lisalisagusvina96@gmail.com
Botifar, Mariamariabotifar@iaincurup.ac.id
Zelvi, Zelvizelvi.is89@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:59
Last Modified: 11 Aug 2023 01:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4626

Actions (login required)

View Item View Item