Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Kreatifitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akidah Ahklak di Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Lebong

Damhudi, Dedi and Fakhruddin, Fakhruddin and Idris, Muhammad (2023) Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Kreatifitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akidah Ahklak di Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DEDI M.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dedi Damhudi, 21871004, Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Lebong, Tesis, Curup, Program Pascasarjana IAIN Curup, Prodi Pendidikan Agama Islam, 2023. 113 halaman. Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam menanamkan akidah dan membentuk akhlak baik pada siswa, sehingga metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat tepat diterapkan pada pembelajaran agama Islam di sekolah/ madrasah. Pembelajaran CTL memungkinkan siswa untuk terlibat secara penuh dalam proses pembelajaran dan menghubungkan materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, sehingga mendorong siswa untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Negeri 1 Lebong, kreativitas belajar siswa, dan implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, analisis data secara kualitatif, serta interpretasi dan penyajian temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran Akidah Akhlak di MI Negeri 1 Lebong mengikuti kurikulum nasional yang disesuaikan dengan siswa dan konteks lingkungan sekitar. Materi pembelajaran mencakup konsep dasar dalam ajaran agama Islam, dan pembelajarannya dilakukan melalui pendekatan ceramah, tanya jawab, dan tugas tertulis. Kreativitas belajar siswa kelas V ditingkatkan melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), yang melibatkan penggunaan media pembelajaran yang beragam, partisipasi aktif siswa, dan evaluasi yang berkelanjutan. Implementasi CTL dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI Negeri 1 Lebong dilakukan dengan perencanaan yang jelas oleh guru-guru PAI. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Contextual Teaching and Learning, Kreativitas Belajar, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Damhudi, Dedidedidamhudi08@gmail.com
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:22
Last Modified: 11 Aug 2023 07:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4622

Actions (login required)

View Item View Item