Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Di Smp Negeri 10 Rejang Lebong

Sundari, Ade (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Di Smp Negeri 10 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA SISWA DI SMP NEGERI 10 REJANG LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tanggung jawab berarti berani, siap, dan teguh hatinya dalam menerima putusan dan tindakan yang dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja. Maksudnya, siswa dikatakan bertanggung jawab jika dirinya sadar mengambil keputusan dan mau menghadapi segala akibat yang terjadi. Siswa tidak akan lari dari situasi yang diakibatkan oleh perbuatannya dan mau menanggung akibat serta tidak menyalahkan orang lain. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter tanggung jawab di dalam proses pembelajaran dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun data pokok diperoleh dari guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah serta siswa kelas VII SMP Negeri 10 Rejang Lebong, sedangkan data penunjang berasal dari gambaran umum lokasi penelitian dan Staf tata usaha. Teknik penunjang keabsahan data dalam penelitian ini menggunkan teknik triangulasi yang dimana pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan berbagai waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, kondisi karakter tanggung jawab siswa di SMP Negeri 10 Rejang Lebong yaitu dapat mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah dengan baik, bertanggung jawab atas setiap perbuatan, melakukan piket sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama. Kedua, upaya yang dapat dilakukan guru dalam menanamkan tanggung jawab pada siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Rejang Lebong yaitu dengan memahami bahwa karakter peserta didik tidak berkembang dalam kecepatan yang sama, menggunakan meteode pendidikan karakter yang bervariasi, memberikan tugas, mengelompokkan peserta didik, memodifikasi dan memperkaya bahan ajar, menggunakan prosedur yang bervariasi dalam membuat penilan dan laporan pendidikan karakter, mengembangkan situasi belajar yang memungkinkan setiap peserta didik bekerja dengan kemampuannya masing-masing, mengusahakan keterlibatan peserta didik dalam berbagai kegiatan berkarakter. Ketiga, adapun faktor pendukung penanaman karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berasal dari tiga sumber yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan,dan faktor sekolah. Sedangkan, faktor yang menjadi penghambat dalam menanaman karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berasal dari dua sumber yaitu : faktor keluarga dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sundari, AdeUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerFakhruddin, FakhruddinUNSPECIFIED
ReviewerKarolina, AsriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI; Karakter Tanggung Jawab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Okky Rizkyantha
Date Deposited: 29 Oct 2019 13:41
Last Modified: 29 Oct 2019 13:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item