Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Madrasah Diniyah Awaliyah Kabupaten Kepahiang

jeniati, hezi and Sutarto, Sutarto and Noviyenty, Leffi (2023) Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Madrasah Diniyah Awaliyah Kabupaten Kepahiang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
HEZI TESIS PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hezi Jeniati, 21871009, Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Awaliyah Kabupaten Kepahiang Tesis, Curup; Program Pascasarjana IAIN Curup, Prodi Pendidikan Agama Islam, 2023. 150 halaman. Pada penelitian ini peneliti menemukan menemukan kasus yakni adanya ketimpangan antara aturan tentang pelaksanaan penguatan nilai pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Awaliyah dengan praktek yang dilakukan 3 Madrasah Diniyah Awaliyah kabupaten Kepahiang. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan nilai pendidikan apa saja yang diterapkan di Madrasah Diniyah Awaliyah Kabupaten. Serta mengungkap bagaimana pelaksanaan penguatan nilai-nilai pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Awaliyah Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini Madrasah Diniyah Awaliyah Ibnu Sina, Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Kautsar dan Madrasah Diniyah Awaliyah Miftahul Jannah yang bertempat di wilayah Kabupaten Kepahiang. Jenis data yakni penguatan nilai-nilai pendidikan Islam kemudian sumber data adalah subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peniliti gunakan meliputi tahapan data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai yang diterapkan di Madrasah Diniyah Awaliyah Kabupaten Kepahiang mencakup pada 3 nilai pendidikan Islam yaitu bidang aqidah, bidang ibadah dan akhlak .2) Masalah utama yang menjadi latar belakang 3 MDA di Kabupaten Kepahiang lebih fokus pada materi pengenalan huruf dan baca tulis Al-quran disebabkan sebagian besar peserta didik belum mengenal huruf dan belum bisa membaca Al-quran. 3) Pelaksanaan penguatan nilai-nilai Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Awaliyah Kabupaten Kepahiang dilaksanakan melalui beberapa metode yang disesuaikan dengan tahap perkambangan peserta didik yang mencakup pada nilai agama dan moral, fisik, bahasa, kognitif, dan sosial emosioal. Kata Kunci : Penguatan Nilai, Nilai Pendidikan Islam, Madrasah Diniyah Awaliyah

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
jeniati, heziezideniati@gmail.com
Sutarto, Sutartosoetartoo74@gmail.com
Noviyenty, Leffileffinoviyenty@iaincurup.co.id
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:35
Last Modified: 10 Aug 2023 07:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item View Item