Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 02 Rejang Lebong

Junita Risma, Eka and Karolina, Asri and Idris, Muhammad (2023) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Eka Risma Junita, 21871006, Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 02 Rejang Lebong, Tesis, Curup; Program Pascasarjana IAIN Curup, Prodi Pendidikan Agama Islam, 2023. 142 halaman. Model pembelajaran yang dapat dikembangkan guru pendidikan agama Islam pada sikap sosialis dan religius peserta didik pada sintak PjBL. Guru dituntut untuk menghadapi tantangan di era modern, dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran student centered. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dalam membentuk sikap sosial peserta didik di SD Negeri 02 Rejang Lebong. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang mungkin muncul dalam pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan model PjBL di SD Negeri 02 Rejang Lebong. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian case study (studi kasus) pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, teknik data menggunakan alur reduksi data (Data Reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Uji keabsahan data perpanjangan penelitian dan kreadibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SD Negeri 02 Rejang Lebong: 1) Guru PAI melakukan langkah-langkah Sintak PjBL: a) Identifikasi masalah; b) Mendesain perencanaan produk; c) Menyusun jadwal pembuatan; d) Memonitor keaktifan dan perkembangan proyek; e) Menguji hasil; f) Evaluasi pengalaman belajar. 2) Implementasi model PjBL oleh guru PAI di SD Negeri 02 Rejang Lebong telah dilakukan dengan baik, sesuai sintak PjBL dalam rangka membentuk sikap sosial peserta didik dengan memanfaatkan proyek-proyek yang terintegrasi dengan mata pelajaran PAI, sehingga peserta didik dapat mengembangkan kemampuan sosialis, religius dan keterampilan mereka dalam situasi kehidupan nyata. 3) Guru PAI menggunakan indikator evaluasi untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran, termasuk partisipasi peserta didik, pemahaman tentang materi, keterampilan sosial, dan evaluasi diri peserta didik. 4) Guru PAI mengalami beberapa kendala dalam penerapan model PjBL di SD Negeri 02 Rejang Lebong, seperti waktu persiapan yang lebih lama, kurangnya sumber daya, serta sulitnya menentukan batasan waktu dalam kegiatan PBL. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Junita Risma, Ekarismaekatarbiyah21@gmail.com
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:34
Last Modified: 10 Aug 2023 07:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item View Item