Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Di Ma’had Al-Jami’ah Dalam Mencetak Penghafal Al-Qur’an

Sa'diyah, Tsaniyatus and Fakhruddin, Fakhruddin and Rini, Rini (2023) Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Di Ma’had Al-Jami’ah Dalam Mencetak Penghafal Al-Qur’an. Masters thesis, Institut Agama Islam Negri Curup.

[img] Text
TESIS TSANIYATUS SA'DIYAH ( 21871026).pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap pembelajaran pada lembaga pendidikan islam pasti melaksanakan evaluasi,Evaluasi pembelajaran yang sudah menjadi pokok dalam proses keberlangsungan proses belajar mengajar, evaluasi pembelajaran juga ditujukan untuk menilai efektifitas strategi pembelajaran, menilai dan meningkatkan efektifitas program kurikulum, menilai dan meningkatkan efektifitas pembelajaran, Tujuan penelitian yakni Untuk mengetahui Proses Pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had Al- Jami’ah, Untuk mengetahui Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had Al- Jami’ah dan Untuk mengetahui Hasil Evaluasi dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had Al- Jami’ah dalam mencetak Penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik kualitatif deskriptif, kulitatif deskriptif yaitu menggambarkan secara lengkap dan tepat data yang diperoleh dari berabagai sumber untuk mencapai tujuan penelitian. Sumber data diperoleh dari Narasumber, buku-buku, jurnal-jurnal yang bersangkutan dengan judul, untuk mendapatkan hasil yang maksimal penelitian ini mengunakan teknik pendekatan Case study untuk menginterprestasikan data. Penelitian ini menyimpulkan Bahwa, proses Pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah dalam mencetak Penghafal Al-Qur’an memiliki beberapa tingkatan yaitu, tahsin, tahsin dan Tahfidz, Tahfidul Qur’an dan Takhasus. Proses pembeajaran Tahsin hannya fokus memperbaiki bacaan secara tajwid, makhorijul huruf serta panjang pendek bacaan, tahsin dan Tahfidz pada proses ini mahasantri menghafal dan memeperbaiki bacaan seperti tajwid dan panjang pebdek, Tahfidzul Qur’an pada proses ini mahasantri mengfokuskan ada menghafal dan memeprbaiki panjang pendek dan makhorijul huruf yang kurang fasih, dan Takhasus merupakan proses yang mengfokuskan mahasantri menghafal dan membenarkan beberapa panjang pendek saja. Evaluasi proses pembelajaran berjalan sebagaimana mestinya, dalam pelaksanaan tes yang di gunakan menggunkan Tes Formatif yang mana evaluasi dilakukan di akhir pembelajaran, evalausi dilakukan satu kali dalam satu semester, dalam tes formatif ada beberapa aspek yang dinilai yakni aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik, pelaksanaan tes menggunakan tes lisan. Adapun hasil dari evaluasi :dalam hasil evaluasi mahasantri memeiliki peningkatan dalam setaip proses, seperti hasil berikut ini, untuk mahasantri semester 3 itu ada 47 orang hafal juz 1, 60 orang hafal 2 juz, 9 orang hafal 3 juz, dan 2 orang 4 juz. Kemudian semester 6 : 16 orang hafal 1 juz,67 orang 2 juz, 21 orang 3 juz, 15 orang 4 juz, dan 5 orang 5 juz. Dan adapun kelopom thakahsus yakni kelompok yang sudah mengfokuskan menghafal tanpa membenarkan lagi tajwid dan bacaan yakni ada : 1 orang hafal 30 juz, 1 orang 2 juz, 3 orang hafal 3 juz, 1 orang hafal 5 juz, 2 orang hafal 6 juz, 1 orang 9 juz, 2 orang 11 juz, 1 orang hafal 10 juz

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Sa'diyah, Tsaniyatustsaniyatussadiyah4566@gmail.com
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Rini, Rinirinwan06@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:46
Last Modified: 11 Aug 2023 08:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4600

Actions (login required)

View Item View Item