Implementasi Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Kitab Kuning (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Karang Jaya Selupu Rejang)

Hayuti, Rahma and Mustar, Saidil and Putra, Alven (2023) Implementasi Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Kitab Kuning (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Karang Jaya Selupu Rejang). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI RAHMA HAYUTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran fiqih sebagai aktivitas mengorganisasikan lingkungan dan menghubungkannya kepada peserta didik sehingga terjadi proses belajar ilmu mengenai pemahaman tentang hukum-hukum Islam yang berkaitan dengan amaliyah orang mukallaf, baik amaliyah badan maupun hati. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Karang Jaya Selupu Rejang. Penelitian ini fokus pada tiga pokok bahasan yaitu bagaimana perencanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Jannah, apa saja hambatan pembelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Jannah, dan apa upaya mengatasi hambatan pembelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Jannah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan adalah melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui pembelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Jannah, untuk mengetahui hambatan pembelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Jannah, dan untuk mengetahui upaya mengatasi hambatan pembelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Jannah. Hasil penelitian ini menunjukkan: Proses pembelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Pesantren Miftahul Jannah dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Maka pembelajaran fiqih di Pesantren Miftahul Jannah telah konsisten berdasarkan komponen dan teori pembelajaran. Dengan hasil untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman santri terhadap materi-materi fiqih melalui kemampuan membaca kitab kuning. Hambatan pembelajaran fiqih dengan menggunakan kitab kuning di Pesantren Miftahul Jannah disebabkan oleh dua faktor yakni faktor internal yakni motivasi dan minat santri saat mengikuti pembelajaran fiqih, kemampuan santri dalam membaca, menulis, dan memaknai menggunakan Arab Pegon. Serta faktor eksternal yakni latar belakang pendidikan santri. Upaya mengatasi hambatan pembelajaran fiqih di Pesantren Miftahul Jannah yang dilakukan yakni dengan memberikan pelajaran tambahan yakni belajar Imla’, belajar kitab ilmu Nahwu dan Shorof.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hayuti, Rahmarhmaahayuti@gmail.com
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
Putra, Alvenalvenputra1708@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:28
Last Modified: 10 Aug 2023 08:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4588

Actions (login required)

View Item View Item