Else, Windi and Hajjah Ristianti, Dina and Purnama Sari, Dewi (2023) Jenis Layanan , Materi Dan Pendekatan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Siswa di Man Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
WINDI ELSE.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan mengelola emosi adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati). Maka dari itu peran guru bimbingan dan konseling disekolah sangatlah penting untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi diri agar mampu mengelola emosinya. Apabila masalah dalam diri siswa itu sendiri tidak segera diatasi akan membuat siswa semakin bersikap tidak terkontrol atau tidak terkendali. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis layanan materi dan pendekatan yang diberikan oleh guru dalam mengembangkan kemampuan mengelola emosi siswa di MAN Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling MAN Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, uqpenyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis layanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kemampuan mengelola emosi siswa yaitu layanan konseling individu, layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok. Materi yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kemampuan mengelola emosi siswa yaitu dengan memberikan materi cara mengembangkan ESQ (Emotional Spiritual Quotiont), mengenali emosi diri, mengelola emosi dan mengenali emosi orang lain. Pendekatan yang digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kemampuan mengelola emosi siswa yaitu dengan pendekatan behavior yang berdasarkan dengan need assessment dengan melakukan observasi dan wawancara. Dan juga pendekatan melalui teman sebaya atau sepermainan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi-informasi yang mendukung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 31 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2023 07:37 | ||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:37 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4580 |
Actions (login required)
View Item |