Kolaborasi Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Kelas dalam Mengembangkan Sikap Religius Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 10 Ujan Mas

Oktavia, Lia and Karolina, Asri and Amrullah, Amrullah (2023) Kolaborasi Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Kelas dalam Mengembangkan Sikap Religius Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 10 Ujan Mas. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
KOLABORASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 UJAN MAS.pdf

Download (7MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan sikap religius peserta didik. Untuk mewujudkan hal tersebut, kolaborasi guru Pendidikan Agama Islam dan guru kelas perlu dilakukan dalam mengembangkan sikap religius peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi sikap religius peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 10 Ujan Mas, pelaksanaan kolaborasi antara guru Pendidikan Agama Islam dan guru kelas dalam mengembangkan sikap religius peserta didik, dan dampak kolaborasi tersebut terhadap perkembangan sikap religius peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 10 Ujan Mas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan tiga tahap, yaitu: 1) Reduksi data (data reduction), 2) Penyajian data (data display), dan 3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and vetification). Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Subyek yang diamati yaitu kepala Sekolah, guru PAI, guru kelas, dan peserta didik kelas V SD Negeri 10 Ujan Mas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sikap religius peserta didik di SD Negeri 10 Ujan Mas yang sudah belajar mengenal dan mengamalkan berbagai ibadah untuk meningkatkan hubungan dengan Tuhan, hubungan dengan lingkungan, hubungan dengan sesama, dan hubungan dengan diri sendiri. Peserta didik aktif mengikuti kegiatan keagamaan seperti shalat dhuha berjama’ah, infaq sedekah, kultum Jum’at, membaca Al-Qur’an dan setoran hafalan. Kolaborasi antara guru PAI dan guru kelas tercipta dan bersinergi dengan baik dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan keagamaan di SD Negeri 10 Ujan Mas. Kolaborasi tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan keagamaan. Dampak kolaborasi guru PAI dan guru kelas V SD Negeri 10 Ujan Mas dalam mengembangkan sikap religius peserta didik yaitu peserta didik mulai melaksanakan shalat tanpa diperintah, kemampuan membaca dan hafalan peserta didik membaik dan meningkat. Peserta didik juga sudah mampu menjaga kebersihan lingkungan agar selalu terlihat bersih dan rapi dengan bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah. Selain itu, peserta didik juga terbiasa dan istiqomah menyisihkan uang sakunya untuk kegiatan infak sedekah sebagai bentuk kepentingan syiar Islam dan membantu fakir miskin. Peserta didik juga sudah belajar untuk bertanggung jawab sebagai petugas kegiatan dan mulai percaya diri untuk berbicara dan tampil di depan teman-temannya. Kolaborasi ini juga menunjukkan bahwa kolaborasi guru PAI dan guru kelas dapat meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dan keberhasilan dalam membentuk sikap religius peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Oktavia, Liaoktavia882018@gmail.com
Karolina, Asriasrikarolina@iaincurup.ac.id
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:52
Last Modified: 10 Aug 2023 06:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item