Rendahnya Minat Guru Pai Dalam Memanfaatkan Masjid Sebagai Sarana Pendidikan Islam (Smpn I Air Saleh Kabupaten Banyuasin)

Purwanti, Purwanti (2019) Rendahnya Minat Guru Pai Dalam Memanfaatkan Masjid Sebagai Sarana Pendidikan Islam (Smpn I Air Saleh Kabupaten Banyuasin). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
RENDAHNYA MINAT GURU PAI DALAM MEMANFAATKAN MASJID SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN ISLAM (SMPN I AIR SALEH KABUPATEN BANYUASIN).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan, dalam pendidikan memiliki tujuan di antaranya ialah untuk membangun potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab, selain itu dalam pendidikan terdapat beberapa unsur penting yang dianggap dominan dalam proses pendidikan adalah guru. Guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. penulis melakukan penelitian tentang rendahnya minat guru PAI dalam memanfaatkan Masjid sebagai sarana pendidikan Islam di SMPN 1 Air Saleh Kabupaten Banyuasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor rendahnya minat guru PAI dalam memanfaatkan Masjid sebagai sarana pendidikan Islam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI, dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yakni obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian yang dicapai dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa kondisi umum tentang proses pembelajaran PAI yakni guru di SMPN 1 Air Saleh telah menggunakan Masjid sebagai sarana pendidikan Islam, akan tetapi belum mampu memaksimalkan Masjid tersebut sebagai sarana pendidikan Islam. Adapun faktor yang mempengaruhi rendahnya minat guru PAI kurang dalam memanfaatkan Masjid sebagai sarana pendidikan Islam di SMPN 1 Air Saleh yakni sarana yang ada di dalam Masjid fasilitasnya kurang memadai, dan guru merasa kesulitan dalam mengontrol siswa saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Purwanti, PurwantiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerSugiatno, SugiatnoUNSPECIFIED
ReviewerMasudi, MasudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Guru dan Manfaat Masjid
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Okky Rizkyantha
Date Deposited: 27 Oct 2019 07:53
Last Modified: 27 Oct 2019 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item