Implementasi Evaluasi Diagnostik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smk Negeri 7 Rejang Lebong

Desmalia, Desmalia (2019) Implementasi Evaluasi Diagnostik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smk Negeri 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Desmalia 15531022 Implementasi Evaluasi Diagnostik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri.pdf

Download (2MB)

Abstract

SMK Negeri 7 Rejang Lebong merupakan sekolah yang mengimplementasikan evaluasi diagnostik sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai evaluasi diagnostik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Kesulitan belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam , Implementasi diagnostik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan penanganan kesulitan belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 Juli sampai dengan 29 Juli 2019. Informan penelitian terdiri dari, kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman. Untuk menyajikan data agar mudah dipahami, maka langkah-langkah dalam kegiatan analisis yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions). Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Kesulitan-kesulitan belajar siswa yang telah diketahui antara lain kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dan hadist, kesulitan membaca bahasa Arab, hafalan surat pendek, kesulitan mempraktikkan pembelajaran PAI dalam materi Akidah akhlak, Fiqh ibadah, dan SKI. Kedua, Evaluasi diagnostik dilaksanakan berdasarkan kesulitan belajar siswa yaitu kemampuan psikomotorik, kognitif dan afektif. Selain itu kesulitan belajar siswa dilihat dari beberapa faktor diantaranya faktor internal dan eksternal dan hasil evaluasi formatif siswa. Ketiga, siswa yang memiliki kesulitan belajar seperti tidak bisa membaca Al-Qur’an akan dibimbing oleh guru pendidikan agama islam mulai dari belajar membaca Iqra’ dan yang tidak bisa melaksanakan sholat juga diajarkan melaksanakan sholat dengan benar, mulai dari gerakan sampai bacaan sholat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Desmalia, DesmaliaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerNuzuar, NuzuarUNSPECIFIED
ReviewerRizal, SyamsulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Evaluasi Diagnostik; Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Okky Rizkyantha
Date Deposited: 27 Oct 2019 07:53
Last Modified: 27 Oct 2019 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item