Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SD Negeri 116 Rejang Lebong

Nurhidayat, Arif and Ratnawati, Ratnawati and Oktori, Agus Riyan (2023) Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SD Negeri 116 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa PPL pada saat melakukan praktik pengalaman langsung bertujuan untuk melatih mahasiswa atau calon guru agar memiliki kemampuan memperagakan kinerja dalam situasi nyata dalam kegiatan belajar mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. Adapun masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu: Analisis Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Dalam Menerapkan Keterampilan Mengajar DiSDN 116 Rejang Lebong? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan keterampilan mengajar mahasiswa PPL di SDN 116 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (Case Study). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sumber data melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini yautu pengumpiulan data, penyempurnaan data, pengelolaan data, analisis data, proses analisis data, simpulan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: ( 1.)Kemampuan keterampilan mengajar mahasiswa PPL di SDN 116 Rejang Lebong sudah lumayan baik serta telah kemampuan nya sudah maksimal meski mahasiswa belum sepenuhnya sempurna dalam melakukan pengajaran tetapi mahasiswa susah melakukan yang terbaik dalam melakukan proses belajar mengajar. (2.)Kendala apa yang dialami oleh mahasiswa PPL pada saat melakukan keterampilan mengajar di SDN 116 Rejang Lebong masih mengalami kendala seperti masih kesulitan dalam memahami karakteristik siswa yang berfariasi serta siswa yang sedikit bandel dikelas saat melakukan pembelajaran serta lebih kepada pendekatan anak, karena tidak semua anak itu bisa menerima langsung pembelajaran yang diberikan. Kata Kunci : Keterampilan mengajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nurhidayat, Arifarifnurhidayam@gmail.com
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:57
Last Modified: 15 Aug 2023 02:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4520

Actions (login required)

View Item View Item