Aplikasi Multi Metode Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Smk It Rabbi Radhiyya Rejang Lebong (Studi Pada Siswa Kelas 11 Dan Kelas 12 Jurusan Farmasi)

Ramadani, Fitri (2019) Aplikasi Multi Metode Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Smk It Rabbi Radhiyya Rejang Lebong (Studi Pada Siswa Kelas 11 Dan Kelas 12 Jurusan Farmasi). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
APLIKASI MULTI METODE DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMK IT RABBI RADHIYYA REJANG LEBONG (Studi pada Siswa Kelas 11 dan Kel~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Aplikasi Multi Metode dalam Menghafal Al-Qur’an merupakan penggunaan banyak metode dalam pelaksanaannya. Mengingat ketika pembelajaran hanya menggunakan satu metode saja maka pembelajaran tersebut akan begitu monoton. SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong bukanlah sekolah yang hanya terfokus dalam menghafal Al-Qur’an saja. SMK IT Rabbi Radhiyya baru 3 tahun berdiri, namun sudah memiliki banyak prestasi dalam bidang tahfidz Qur’an. Hal ini membuat peneliti ingin mengetahui bagaimana cara pelaksanaan Aplikasi multi metode dalam menghafal Al-Qur’an. Selain itu dalam pelaksanaan tersebut untuk mencapai sebuah target hafalan sudah pasti ada faktor pendukung. Dalam hal ini peneliti ingin mengatahui apa saja faktor pendukung aplikasi multi metode dalam menghafal Al-Qur’an di SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong serta evaluasi dari aplikasi Multi Metode dalam menghafal Al-Qur’an di SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong.. Aplikasi multi metode dalam menghafal Al-Qur’an bertujuan untuk meningkatkan hafalan siswa. Kegiatan ini dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan, yang digunakan 4 hari untuk menghafal setiap 45 menit sebelum KBM dimulai dan 1 hari untuk evaluasi hafalan siswa pada hari sabtu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Urusan Kesiswaan, Guru Tahfidz, Guru Bantu Tahfidz dan siswa kelas 11 Farmasi dan siswa Kelas 12 Farmasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta uji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi multi metode dalam menghafal Al-Qur’an di SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong sudah terlaksana dengan baik. Dalam pelaksanaan aplikasi multi metode dalam menghafal Al-Qur’an di SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang lebong, Metode yang digunakan bervariasi, adapun metode tersebut meliputi metode tariqatu at-tadrijiyi, sima’I dan metode semaan bersama teman Tahfidz. Penggunaan metode tersebut dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan seperti mempertimbangkan keadaan siswa, situasi belajar, kemampuan guru dan lain sebagainya. Namun dengan adanya aplikasi multi metode menghafal Al-Qur’an di SMK IT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong, siswa mengalami x peningkatan hafalan yang itu dibuktikan dengan bertambahnya jumlah hafalan dan prestasi-prestasi dalam bidang tahfidz lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramadani, FitriUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerRahman, AbdulUNSPECIFIED
ReviewerRizal, SyamsulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Multi Metode; Menghafal Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Okky Rizkyantha
Date Deposited: 27 Oct 2019 07:53
Last Modified: 27 Oct 2019 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item